Skip to main content

Highlight

Lebih Sakit Meninggalkan atau Ditinggalkan?

Birthday Trip Part 3 - End: Memulai Umur Baru


Sejak pertama kali menginjakkan kaki ke negara lain 2019 lalu, saya jadi punya satu cita-cita yang saya jaga sampai sekarang. Tentunya belum terkabul, saya masih mengusahakan apa yang saya mau, terwujud atau nggak biar jadi urusan nanti.

Makanya, saya sengaja menutup impian umur 20-an ini dengan kembali ke negara yang membuat saya punya cita-cita baru karena motivasi saya makin lama makin hilang. Mungkin dengan kembali, saya bisa mengingat setiap hal yang ingin saya wujudkan.

Beruntung banget saya bisa melewati birthday trip ini, I'm feeling so grateful!

Pagi saya di tanggal 29 Agustus 2023 dimulai dengan jalan-jalan di Petaling Street. Menyusuri setiap gangnya, sampai akhirnya menuju Kwai Chai Hong Street.

Sebentar, sebelum menuju Kwai Chai Hong Street kan saya ngikutin maps lewat jalan-jalan sempit. Terus saya tiba-tiba setengah menjerit soalnya ada anjing di ujung jalan.

PADAHAL ANJINGNYA DIIKET. PADAHAL ANJINGNYA NGGAK NGAPA-NGAPAIN. TAPI SAYA TETEP MEMILIH JALAN MEMUTAR.

Mungkin anjingnya dalem hati juga mbatin, "Ini mbak-mbak kenapa sih?" WKWKWKWKWKWK.

Kwai Chai Hong Street ini merupakan proyek seni mural. Boleh baca selengkapnya di sini ya: https://www.atlasobscura.com/places/kwai-chai-hong-malaysia


Setelah dari Kwai Chai Hong Street, saya menuju LRT Masjid Jamek untuk menuju Bukit Bintang. Waktunya kuliner dulu dan menikmati ingar bingar Kuala Lumpur.

Tapi pagi-pagi ada baiknya kita.. Ngopi Family Mart dulu. WKWKWKWKWKWKWKW.

Di Kuala Lumpur tentu nggak ada KSK, jadi saya beli yang lebih umum cuma lupa apa. Harganya sekitar Rp21.000. Nggak jauh beda sama Family Mart Family Mart jadi nomor 1~~~

Lanjut, sambil ngopi otw ke Bukit Bintang dan turun persis di LRT Bukit Bintang yang meski ramai tapi nggak sesak. Tapi kali ini saya nggak ke Pavilion. Saya cuma duduk-duduk dan ke Lot 10 buat kulineran yang viral-viral di TikTok Indonesia.

YA ALLAH UDAH LAMA YA NGGAK SE-HAPPY INI.


Saya nggak lama-lama di Bukit Bintang karena yang paling penting harus ke Pasar Seni buat belanja oleh-oleh.

Pas sampai sana, layout Pasar Seni udah berubah. Saya jadi bingung. Mana saya pengen banget ketemu ibu-ibu penjual bestie saya pas waktu itu ke KL. Sayangnya nggak ketemu lagi dalam perjalanan ini.

Kalau di Pasar Seni tentu saja kalap adalah hal normal ya. Kayanya semuanya serba murah tiba-tiba udah 500ribu++. Berhubung uang ringgit udah abis dan saya nggak bawa kartu debit (PEMALAS BGT) akhirnya saya balik ke hotel sebelum jalan-jalan malem hari dan besoknya pulang.


Oke kita mulai di sore hari menuju senja dengan ke Saloma Bridge, destinasi baru yang ada di Kuala Lumpur. Perjalanannya agak jauh dari lokasi menginap, dan mengapa di saat-saat genting sinyal saya selalu menghilang. Jadi sebelum ke Saloma Bridge saya berencana makan nasi lemak Wanjo dulu (YOU ALL NEED TO TRY THIS ONE).

Saya udah jalan muter-muter buat nyari tempatnya ternyata salah arah. Jalannya lumayan jauh dari LRT tapi untung sebanding sama rasanya. Saya lupa habis sekitar berapa, tapi kayanya sekitar 60ribuan. Jangan lupa pesan kerang dan es teh tariknya Guys karena enak banget!! Sampai sekarang pas nulis ini saya masih inget rasanya dan super ngiler!

Setelah kenyang, saya kembali menuju Saloma Bridge yang sudah gemerlap. Dari atas sini, kita bisa melihat Kuala Lumpur dari sudut pandang yang lain.

Ada banyak sudut pandang untuk melihat satu tempat kan? Yuk kurang-kurangin ngeliat dari satu sudut pandang aja.

AHZEEEEEK.

Penutup malam di KL kita ke mana? Tentunya kuliner di Bukit Bintang di Jalan Alor.

Tapi tunggu, pernah nggak kamu terjebak di MRT karena kurang wawasan soal integrasi KRL ke MRT di KL? WKWKWKWKKW. Jadi saya tuh naik KRL dan lanjut ke MRT tapi ternyata harus tap dulu atau gimana jujur nggak paham.

Jadi pas mau keluar Bukit Bintang, koin biru saya keluar lagi WKWKWKWKWK. Nyoba dua gate semuanya keluar lagi WKWKWK akhirnya nanya sama petugas dan di tap in karena pokoknya harus tap dulu karena LRT dan MRT ini beda integrasi. Sotoy banget Elga emang anaknya.

Yaudah setelah berhasil keluar saya langsung menuju Jalan Alor dan menikmati keramaian malam Kuala Lumpur. Arghhh rame banget seru banget banyak makanan yang bikin ngiler :(((

Kalau ada waktu lebih, someday harus balik buat nyobain lebih banyak lagi! Aamiinkan!


Sedih banget karena ini malam terakhir di Kuala Lumpur dan udah harus balik hotel buat packing. Pulangnya saya nggak naik LRT karena jujur udah capek!

Sesampainya di hotel langsung packing, menyimpan kenangan demi kenangan. Momen liburan udah habis dan harus semangat kembali ke kenyataan hidup.

Jam 12 malam waktu Kuala Lumpur, I celebrated my birthday. Nggak pernah terpikir akan melewatkan momen ini di negara lain meski masih di Asia. Tapi ini adalah memori paling menyenangkan untuk menutup angka 2 dan memulai angka 3. Tanggal 30 Agustus tahun lalu, saya duduk di Starbuck KLIA sambil mengenang banyak hal yang sudah terjadi di umur 20-an, bersiap untuk rencana-rencana baru di umur 30-an.


Sejujurnya perjalanan itu membuat saya yang hilang arah makin hilang arah. Tapi ketika saya menulis ini di Bulan Maret 2024, saya tau kalau ternyata saya nggak hilang arah. Apa yang saya inginkan masih sama. Tujuannya ketemu meski jalannya belum.

Nggak apa-apa. Sampai atau nggak ke tujuan yang penting kita sudah berusaha untuk semua yang kita inginkan dalam hidup. Bisa jadi ada tujuan yang lebih baik, tapi setidaknya tujuan-tujuan itu bisa bikin kita lebih hidup dalam melewati umur demi umur.

Mungkin pergantian umur dari tahun ke tahun terasa semakin kurang euforianya, karena kita lebih banyak merenungi usia yang berkurang atau berdoa tetap sehat di umur yang menua.

Tapi tentunya, hari lahir tetap jadi hari yang spesial. Sesederhana ketika mendarat di Jakarta, petugas imigrasi yang cek pasport saya tiba-tiba tersenyum lebar dan berkata: Selamat ulang tahun!

I think it was the warmest moment of my birthday last year among many other warm moments.

So, see you again KL!


Comments