}); }); [ REVIEW ] Drama Korea School 2015: Who Are You setelah 7 Kali Menonton - ELGA MAULINA PUTRI

[ REVIEW ] Drama Korea School 2015: Who Are You setelah 7 Kali Menonton

11:30 PM

School 2015

Sebelum ribut-ribut Suho dan Seojun di drama Korea True Beauty, saya pernah ribut-ribut Han Yi An dan Gong Tae Kwang di drama School 2015.

Tahun itu saya baru lulus kuliah, masih dengan santai rebahan di rumah dengan dalih mau istirahat dulu setelah empat tahun mikir.

Halah alasan. Terima kasih.

2015 adalah puncak-puncaknya saya nonton drama Korea setelah selama kuliah lebih banyak tidur dan penelitian sana-sini. Jadi pas habis lulus itu bener-bener semua drama saya sikat. Pas banget ada School 2015 dan pemeran utamanya Kim So Hyun.

Demi apa ya Kim So Hyun cantik banget setelah Suzy dan Yoona! Eh ditambah nggak bosen diliat gitu cantiknya. Parahsih.

Yaudah lah dengan semangat menggebu saya nonton School 2015.

Nggak nyangka sih, ini jadi drama favorit yang tiap beberapa tahun sekali saya nonton ulang, walau pun ini udah 2021.

Tahun ini trigger buat nonton School 2015 lagi adalah gara-gara nonton True Beauty yang mana latar dan konsep ceritanya kan mirip-mirip nih. Cuma School 2015 lebih sopan nggak ada adegan-adegan nyosor berlebihan. Karena di True Beauty saya tim second lead male alias Tim Seojun, saya jadi terinspirasi buat review deretan second lead.

Gabut banget kan. Iya, memang.

Baca juga: Review Drama Korea True Beauty

Sinopsis School 2015


Drama ini bercerita tentang saudara kembar bernama Go Eun Byul dan Lee Eun Bi yang terpisah karena diadopsi. Yang satu hidup enak, yang satu hidup menderita. Hingga suatu hari terjadi kecelakaan yang menimpa keduanya sehingga mengharuskan Lee Eun Bi menggantikan posisi Go Eun Byul.

Lee Eun Bi pun akhirnya menguak kisah demi kisah dari kehidupan Go Eun Byul, ditemani dua orang pria ganteng banget bernama Han Yi An dan Gong Tae Kwang.

Han Yi An adalah teman Go Eun Byul dari umur delapan tahun, sedangkan Gong Tae Kwang temen sekolah yang nggak akur dengan Go Eun Byul.

Lalu, gimana nasib Go Eun Byul dan Lee Eun Bi selama bertukar tempat kehidupan?

Pemeran School 2015


Kim So-Hyun sebagai Go Eun Byul dan Lee Eun Bi

Nam Joo Hyuk sebagai Han Yi An

Yook Sungjae sebagai Gong Tae Kwang

Lee Pil-Mo sebagai Guru Kim Joon Seok

Jo Soo-Hyang sebagai Kang So Young, pembully Lee Eun Bi

Kim Hee-Jung sebagai Cha Song-Joo, teman Go Eun Byul dan Lee Eun Bi

Lee Cho-Hee sebagai Lee Shi Jin, teman Go Eun Byul dan Lee Eun Bi

Bisa dibilang ini adalah titik mula karier Nam Joo Hyuk sekaligus pembuktian akting dari Kim So Hyun dan Sungjae BTOB. Akting Nam Joo Hyuk belum all out banget di sini, yang bisa jadi perannya juga lempeng aja sih karakternya. Sementara Kim So Hyun di sini harus berperan jadi dua karakter berbeda dan Sungjae punya karakter yang unik dan dinamis banget.

Review School 2015


Kalau sampai tujuh kali nonton, tentu aja School 2015 emang sebagus itu versi saya. Karena drama ini beneran paket lengkap. Berbagai konflik kehidupan ada di drama ini dan semuanya ngena.

Saya nggak nonton School 2013, tapi begitu nonton School 2015 langsung dapet yang plot ceritanya bagus tuh seneng aja. Sayangnya, School 2017 menurut saya gagal melanjutkan kesuksesan. Makanya School 2015 masih kuat saya tonton berulang-ulang.

Poin plus, drama ini menyajikan beberapa konflik mulai dari bully-ing yang dihadapi Lee Eun Bi, masalah di sekolah yang dihadapi Go Eun Byul, anak-anak remaja yang harus terus belajar dan memperhatikan nilai karena orangtua, masalah keluarga Gong Tae Kwang, dan anak-anak SMA dengan segala mimpinya. Semua konflik itu menurut saya bisa tersampaikan dengan cukup jelas dalam 16 episode. Jadi nggak bosen nontonnya karena ada banyak konflik.

Dua karakter manusia yang berbeda

Nggak ada manusia yang sifatnya bener-bener sama, sekali pun anak kembar. Itu juga yang ditunjukkan dalam drama ini. Go Eun Byul sebagai kakak lebih berani, bar-bar, dan kuat. Sementara Lee Eun Bi menjadi sosok yang lembut, anggun, dan tangguh.

Meski pun diperankan satu orang, Kim So Hyun berhasil membuat penonton melihat Go Eun Byul dan Lee Eun Bi.

Bully yang kerap terjadi di masa sekolah

Dulu tuh, saya mengira jadi sedikit dari kaum minoritas yang kena bully pas sekolah. Ternyata semakin saya dewasa, ketemu temen-temen yang cakep, saya pun kaget mengetahui faktanya.

Ternyata, temen-temen saya yang cakep itu juga mengalami bully. Saya diam. Saya melongo. Saya tercengang.

Sejak saat itu saya nggak menganggap masa lalu saya kelam karena tau ternyata bisa jadi setiap orang pernah mengalami fase di-bully.

Kalau dulu saya lemah, sekarang saya kuat. Di-bully langsung maju lah HEH LO PIKIR LO SIAPA.

Itu juga yang dialami Lee Eun Bi. Menjadi korban bully, Lee Eun Bi mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya. Tidak bisa melawan, tidak punya pasukan khusus. Berbeda dengan Go Eun Byul yang lebih berani melawan penindasan.

Guys, siapa pun yang baca ini, jangan pernah biarin kamu diinjak-injak sama orang lain. Kamu harus kuat menegakkan kepala! Yang bully kamu nggak lebih baik dari kamu.

Baca juga: Review Drama Korea My ID is Gangnam Beauty

Seberat apa pun hidup, yang terpenting ada orang di sisimu


Pada akhirnya kita memang harus menghadapi banyak hal sendiri, tapi sebenernya kita cuma butuh tahu kalau ada orang yang selalu di sisi kita atau di belakang kita dalam masa-masa sulit.

Lee Eun Bi dalam drama ini tidak memiliki siapa pun untuk membelanya karena memilih diam. Sementara Go Eun Byul punya banyak orang yang selalu berada di sisinya. Meski pada akhirnya Go Eun Byul merasa sendiri menghadapi masalahnya.

Go Eun Byul dan Lee Eun Bi sama-sama melakukan hal serupa: Tidak menceritakan pada siapa pun.

Penting buat percaya setidaknya pada satu orang saja soal masalah hidup atau kegelisahanmu. Mungkin nggak membantu, tapi mengetahui ada yang di samping kamu dan mengetahui hal itu seharusnya sudah cukup.

Kisah cinta segiempat Han Yi An, Go Eun Byul, Lee Eunbi, dan Gong Tae Kwang


Satu hal terbaik dari kisah cinta di School 2015, sederhana dan tidak berlebihan. Karena apa? Karena mereka masih 18 tahun.

Waktu drama ini tayang social media belum seperti sekarang. Jadi kisah cinta Han Yi An, Go Eun Byul, Lee Eunbi, dan Gong Tae Kwang belum didramatisir seperti drama Start Up atau True Beauty. Padahal sih.. Perih banget asli jadi Gong Tae Kwang.

Pemirsa, dari drama ini yakinlah kalau orang yang membuatmu menangis adalah yang benar-benar kamu cinta. Sementara orang yang membuatmu tertawa hanyalah orang yang kamu suka.

Dan yang paling penting, jangan sekali-kali terlalu sering bercanda sama orang yang kamu suka. Jadinya kaya Gong Tae Kwang. Pokoknya cuma dianggep temen.

Yang bikin nangis.


Yang bikin ketawa.

Beberapa tahun lalu tentu saya di tim Gong Tae Kwang yang selalu ada bersama Lee Eun Bi. Dulu mikirnya bisa-bisanya Lee Eun Bi nggak mikir siapa yang selalu sama dia. Tapi di tahun 2021 ini ketika saya menonton ulang School 2015, akhirnya saya sadar kalau Han Yi An juga berjuang dengan cara berbeda, yang lebih bikin hati makjleb.

Chakep bahasanya...

Dulu juga mikirnya kesel banget kenapa Han Yi An nggak jadi sama Go Eun Byul yang disukai 10 tahun. Tapi di tahun 2021 ini ketika saya menonton ulang School 2015, saya akhirnya memahami kalau semakin dewasa perasaan orang bisa berubah seperti kata Han Yi An dan Go Eun Byul.

Han Yi An ketemu orang yang lebih tepat Guys.

Kadang tuh ya, kalau kita udah suka sama orang mata dan hati tertutup buat yang lain. Meski disakiti juga pokoknya tetep suka kaya Han Yi An. Sampai akhirnya Go Eun Byul hilang, Han Yi An mau nggak mau melepaskan dan mengenal orang baru.

Tapi, apa iya harus nunggu orangnya hilang dulu? Nggak.

Toh pada dasarnya Han Yi An nggak tau Go Eun Byul adalah Lee Eun Bi yang menyamar. Rupa-rupanya yang dibutuhkan adalah kesempatan untuk mengenal orang baru tanpa kepikiran yang lalu-lalu.

GILEEEEEEEEE PEMBAHASANNYAAA.

Meski pun kadang masih suka kepikiran aja bisa-bisanya Gong Tae Kwang yang udah berjuang banyak buat Lee Eun Bi kasihan banget ujungnya nggak bisa mendapatkan hatinya. Tapi ya udah gapapa, dalam hidup kadang kita harus jadi pemeran figuran dalam hidup orang lain dulu kok.

Bisa-bisa lu jadi sadboy Tae Kwang, Tae Kwang.

Meski dulu tim Gong Tae Kwang, saya nggak sampai kesel sama Han Yi An. Mikir kalau  ada di posisi Lee Eun Bi juga pasti jatuh cintanya sama Han Yi An.

HALU TEROOOOOOOOOOOOOOS.

Tapi emang, momen memorable di bus antara Lee Eun Bi dan Han Yi An adalah seromantis-romantisnya scene. Sederhana banget cuma di bus, cuma gitu aja, tapi saya udah tujuh kali nonton pas bagian Han Yi An nongolin wajah di samping Lee Eun Bi juga masih ingin menjerit :(


Bisa-bisanya Kim So Hyun pas syuting nggak pingsan. Bisa-bisanya.

You Might Also Like

0 komentar

Berikan komentarmu untuk tulisan ini, yuk! Btw kalau mau komen bisa lewat PC ya :)

Subscribe