Skip to main content

Highlight

Lebih Sakit Meninggalkan atau Ditinggalkan?

Birthday Trip Part 2: Halo, Kuala Lumpur!

Tahun ini, saya percaya satu kalimat ajaib: Beli sepatu baru supaya bisa membawamu ke banyak tempat.

Dan beneran saya jadi beli sepatu baru, khusus untuk dibawa bepergian. Selain itu, saya juga beli tas baru buat backpacker, padahal saya udah nggak punya niat jalan-jalan gendong tas. Tapi ngga tau kenapa, tujuan saya cuma satu: Kalau harus bepergian yang mengharuskan gendong tas, saya siap. Saya punya tas!

Ya tapi.. Saya nggak nyangka kalau akhirnya beneran banyak melangkah, banyak bepergian, setelah tahun kemarin nggak ke mana-mana.

Puncaknya, saya bisa melalui perjalanan ulang tahun saya di luar negeri. Bukan tempat yang jauh atau istimewa banget, hanya mengulang negara yang pernah saya datangi. Seluruh cerita perjalanannya hampir sama, tapi saya senang dengan perjalanan ini. Perjalanan menyelesaikan ambisi masa muda.

Baca dulu: Mengulang Bahagia di Singapura

Malam itu full moon, dan saya memandang bulan dari jendela dalam perjalanan Singapura ke Malaysia. Hingga akhirnya saya tertidur dan terbangun pukul 08.00.

Selamat datang di Kuala Lumpur. Lagi.

Saya keluar bus dan merasakan sesuatu yang berbeda. Mimpi saya. Cita-cita saya. Yang belakangan memudar dan goyah.

Saya memandang langit pagi waktu itu: Masih biru.

Pemberhentian terakhir ada di Berjaya Times Square dan saya naik mobil online untuk ke hotel. Tujuannya cuma 1: Mau tidur. Setelah early check in, saya langsung tertidur pulas sampai kira-kira pukul 12.00.

Ohiya harga hotelnya sekitar Rp400ribu per malam, ditambah biaya early check in Rp150.000 dan deposit Rp150.000 juga.

Pas bangun tidur, rasanya kaki masih pegel banget, mata juga berat. Tapi, nggak boleh nyerah! Ini waktunya jalan-jalan.

Akhirnya saya menyeret kaki buat mandi. Iyaaa tau saya jorok karena tidur tanpa mandi tapi beneran kaki pegel banget!

Setelah bersih-bersih dan udah cantik, sekitar jam 2 saya melangkahkan kaki buat makan siang. Tujuan pertama saya adalah mie tarik Jalan Sultan yang viral di TikTok. Surprisingly, tempatnya deket sama hotel. Di tengah terik matahari, saya jalan kaki ngikutin Google Maps. Tapi namanya hidup penuh plot twist, pas lagi jalan paket datanya mati. Saya nggak bisa mengikuti Google Maps lagi. Akhirnya saya jalan kaki menyusuri setiap gang di Jalan Petaling dan Jalan Sultan. Nanya orang juga mereka mana ngerti pan dunia FYP Indonesia.

Tau nggak? Pas pusing muter cari sana-sini, ternyata lokasinya ada di awal tinggal lurus dikit lagi.

Becanda aja dunia!

Akhirnya ketemu juga mie tariknya, tempatnya beneran rame. Saya pesen apa ya lupaaa :( Pokoknya pesen mie kuah beef gitu dan enak! Kuahnya gurih dan mienya tebel banget. Jadi meski makan mie rasanya kenyang banget. Minumannya juga seger banget padahal cuma lemon tea. Definisi habis berlelah-lelah bahagia kemudian.

Selesai makan, langit mendung. Saya kaget dong, karena tadi pas berangkat langit beneran terik banget. Pas jalan menuju LRT hujan mulai turun perlahan, dan yak, hujan deras! Sialnya lagi saya nggak bawa payung, padahal itu payung nempel terus di tas melewati tiga negara. Tapi pas dibutuhin, malah payungnya nggak ada :(

Becanda terus dunia!

Untungnya pas lagi jalan deket sama 7Eleven, saya duduk dulu sebentar sebelum akhirnya memutuskan masuk ke dalam salah satu pusat perbelanjaan yang kaya ITC di sebelahnya. Saya muter-muter kelililing-keliling liat baju, sepatu, sampai tas tapi hujan belum reda juga. Akhirnya saya duduk di 7eleven buat jajan dan ngopi.

Syahdu bener kehujanan di negara orang...

Sekitar jam 4 sore hujan mulai berhenti, dan akhirnya saya memutuskan jalan lagi menuju LRT Masjid Jamek. Tujuan saya adalah ke Petronas.

Membaca peta LRT adalah favorit saya, karena seru aja nyari jalan apalagi kalau harus pindah line. Meski yah... Agak ribet kalau pindah line gitu.

Saya pun masuk LRT dan guess what I've found? Yak, Family Mart! WKWKWKWWKKWKW saya pun membeli secangkir latte hangat untuk dibawa nongkrong di taman KLCC.

Sedaaap banget ngopi sampai KL.

Saya cuma mampir ke Petronas bentar karena tujuan saya taman KLCC. Saya berencana menghabiskan sore sampai malam di taman. Duduk, menikmati sore selepas hujan, denger musik, dan melihat orang-orang.

Meski akhirnya agak bosen karena buset lama banget nungguin malamnya. Udah jam 7 lewat langitnya belum gelap sempurna, sedangkan saya mau menikmati gemerlap Petronas Tower.

Tapi gapapa, saya sabar karena kapan lagi menghabiskan waktu kaya gini kan.

Perubahan warna langit mendung itupun tetap magis, dan saya berlama-lama memandang Petronas Tower yang magical.

Puas memandang gedung, akhirnya saya memutuskan ke Dataran Merdeka. Tentunya naik KRL lagi.

Tapi tunggu.... Saya lupa jalan menuju KRL-nya yang berujung saya muterin Suria KLCC karena nggak bisa mencerna petunjuk jalan di KL dengan baik. Bener-bener deh ya mana kaki udah pegel banget pake muterin Suria KLCC.

Saya turun di LRT Pasar Seni, dan lagi-lagi saya nggak bisa mencerna rutenya. Harusnya saya transit terus naik LRT lagi. Tapi pas keluar saya nggak nemu line-nya. Sumpah bingung banget, saya masih belum paham.

Ini misteri yang belum terpecahkan.

Setelah saya Google Maps, untungnya dari daerah Pasar Seni deket untuk menuju ke Dataran Merdeka. Masih bisa jalan kaki.

Di kegelapan malam itu akhirnya saya jalan kaki sebelum akhirnya sadar kalau itu udah deket hotel. Ternyata hotel saya deket sama Pasar Seni juga, dan jalan menuju Dataran Merdeka ini searah ke LRT Masjid Jamek.

Agak horror sebenernya karena ternyata jalanan malam di sana lumayan gelap. Untungnya ada pejalan kaki lain yang bisa saya ikutin. Sampai akhirnya....

Welcome to the River of Life...

Saya lupa masukin destinasi ini ke list, tapi ternyata ketemu sebelum sampai ke Dataran Merdeka.

Ya Allah untung sempet ke sini dulu, kalau nggak sedih banget pulang ke Indonesia tanpa sempet lihat ini.

Lanjut, jalan ke Dataran Merdeka yang masih terlalu 'pagi' jadi belum ada penutupan jalan dan nggak bisa leluasa foto. Dulu saya ke situ sekitar jam 12 malam, jalanan udah ditutup dan banyak orang jalan-jalan atau sepedaan di area itu.

Sejujurnya suka banget kehidupan malam waktu itu. Cuma pas ke sini lagi rasanya kok lebih sepi dan gelap ya?

Saya cuma sebentar aja terus memutuskan kembali ke hotel karena udah capek banget. Sebelumnya, saya ke 7eleven dulu nyobain beli mi instan Malaysia.

Malam itu ditutup dengan makan mi instan, rebahan, dan istirahat sebelum besok kembali aktivitas lagi.

Besok kita muter lagi, sambil mencari arah.