[ REVIEW ] Drama Korea Mad For Each Other: Disakiti oleh Manusia, Disembuhkan oleh Manusia


Beberapa waktu lalu mental saya nggak stabil, dan saya mulai aware tentang kesehatan mental sendiri. Tentunya ada beberapa faktor yang terjadi, dan akhirnya saya meminta bantuan profesional untuk menangani diri saya sendiri.

Perlahan demi perlahan, saya mulai release dan satu per satu mengurai apa saja yang membuat mental saya nggak stabil belakangan ini.

Terutama soal jam tidur dan kecemasan-kecemasan yang bisa diredam.

Makanya itu, drama Korea Mad for Each Other terasa relate buat saya yang akhirnya mengerti kondisi orang yang berbeda-beda dan gimana mereka dibantu profesional untuk berusaha stabil kembali.

Pas nonton tuh bener-bener membatin, "Heey saya tau rasanya~"

Saya jadi nggak nyesel menunda-nunda nonton drama yang satu ini meski tau review-nya bagus. Ternyata nonton di saat sudah mengerti tentang kesehatan mental membuat saya bisa lebih relate. 

Sinopsis Mad of each Other


Drama Mad of each Other diperankan oleh Jung Woo sebagai No Hwi Oh dan Oh Yeon Seo sebagai Lee Min Kyung.

Keduanya adalah tetangga apartemen yang menjalani terapi dengan dokter yang sama di hari yang sama. Mau nggak mau, keduanya jadi sering bertemu hingga akhirnya muncul kesalahpahaman. Lee Min Kyung yang mengalami pascatrauma dan delusi akibat mantan kekasihnya, menaruh curiga pada No Hwi Oh yang mengalami gangguan emosi pasca penyelidikan kasus narkoba yang membuat rekannya terluka. No Hwi Oh sendiri merupakan seorang detektif yang punya julukan sebagai 'Anjing Gila' karena gigih dalam menyelidiki kasusnya tanpa peduli apapun.

No Hwi Oh dan Lee Min Kyung pun sama-sama berjuang untuk kestabilan mentalnya hingga tumbuh benih-benih asmara di antara keduanya. Kisah asmara bagi dua orang yang mengalami trauma pun terasa sulit untuk dijalani.

Review Mad of Each Other


Saya udah sering mendapat rekomendasi yang satu ini tapi baru berhasil menyelesaikan seluruh episodenya yang hanya 13 dengan durasi 30-40 menit. Dengan jumlah episode dan durasi yang padat, seluruh alur Mad of Each Other padat dan pemerannya tidak ada yang sia-sia.

Semua pemeran saling mengisi jalan cerita dan setiap episodenya menghadirkan komedi dan romansa yang pas.

Awal episode saya bingung melihat Lee Min Kyung yang terus-menerus menaruh curiga pada orang-orang. Tapi, ketika melihat dari sudut pandang yang lebih luas, tentu mendapat perlakuan keji dari pacar adalah trauma berat yang nggak boleh dipandang sebelah mata.

Saya suka alur drama ini yang terasa tidak terburu-buru dalam masa pemulihan No Hwi Oh dan Lee Min Kyung. Ketika sudah hampir stabil, beberapa kejadian hidup membuat keduanya harus terlempar lagi dalam pasca trauma masing-masing.

Jadi terasa realistis kalau pemulihan pasca trauma bukan hal yang semudah itu, karena sekecil apapun trigger, pasti menjadi hal yang tidak mudah dilalui oleh pasien.

Selain kisah No Hwi Oh dan Lee Min Kyung, kehidupan tetangga mereka pun menarik diikuti. Seneng banget lihat kehidupan bertetangga yang saling mendukung dan membela, dan tidak memandang atau men-judge orang sebelah mata.

Kisah Su Hyun dan Lee Sang Yeob yang saling mendukung


Diperankan oleh Su Hyun AKMU dan An Woo Yeon, kedekatan keduanya dimulai dari tuduhan tak terbukti. Lee Sang Yeob kerap berdandan menjadi wanita di malam hari dengan rambut panjang, sehingga suatu hari dicurigai sebagai orang mesum yang sempat mengganggu Su Hyun.

Su Hyun yang merupakan pekerja paruh waktu di banyak tempat tegas menyatakan Lee Sang Yeob bukan orang yang mengganggunya. Di pertemuan berikutnya, Lee Sang Yeob heran mengapa Su Hyun bisa menerimanya dan tidak takut terhadapnya. Bagi Su Hyun hidupnya sendiri lebih menakutkan dari apapun, sehingga ia tidak takut pada Lee Sang Yeob. Keduanya pun menjadi dekat, bahkan Lee Sang Yeob mendukung bakat Su Hyun untuk bernyanyi.

Peran keduanya pun menjadi faktor penting dalam drama ini. Keduanya sama-sama membantu mengungkap fakta-fakta yang membuat No Hwi Oh dan Lee Min Kyung berada dalam situasi sulit.

Kisah ibu-ibu apartemen yang berisik tapi baik hatinya


Diperankan Baek Ji-Won, Lee Hye-Eun, dan Lee Yeon Doo, ibu-ibu tetangga ini kompak dalam berbagai hal terutama keselamatan penghuni apartemen meski dengan alasan agar harga apartemen tidak turun.

Peran trio ibu-ibu ini menjadi salah satu faktor penting dalam kehidupan No Hwi Oh dan Lee Min Kyung. 

Mereka melakukan patroli malam dan mengadakan perkumpulan wanita. Meski jadi tipikal tetangga berisik, mereka nggak ragu membela Lee Min Kyung yang benar.

Kisah No Hwi Oh dan Lee Min Kyung yang saling menyembuhkan


Setelah beberapa episode awal terus bertengkar, No Hwi Oh dan Lee Min Kyung perlahan tapi pasti terus menjalin ikatan yang kuat. Lee Min Kyung kembali membangun kepercayaan dan No Hwi Oh perlahan mulai meredam emosinya yang meletup-letup.

Meskipun, keduanya sama-sama harus melalui proses yang panjang karena ketika satu saja kesalahpahaman terjadi, mereka akan kembali dalam traumanya.

Melalui interaksi mereka, saya jadi paham bahwa untuk menghilangkan trauma perlu dukungan dari manusia lain. Meski yah... diri sendiri adalah sebaik-baiknya tempat pulang dan yang bisa menolong diri kita ya siapa lagi kalau bukan diri sendiri.

Tapi lewat drama Mad of Each Other, saya bisa melihat bagaimana No Hwi Oh dan Lee Min Kyung menyembuhkan satu sama lain.

Terpenting, kita harus percaya pada orang tersebut. Percaya, bahwa selain diri kita, ada seseorang yang bisa membantu kita untuk sembuh dan yakin kembali pada kehidupan ini.

Comments

Paling banyak dibaca