}); }); [ REVIEW ] Drama Korea True Beauty: Jangan Dibaca Kalau Kamu Tim Suho - ELGA MAULINA PUTRI

[ REVIEW ] Drama Korea True Beauty: Jangan Dibaca Kalau Kamu Tim Suho

2:42 AM

Drama Korea True Beauty | Sumber Foto: Instagram/m_kayoung


Di tengah pandemi ini, kalau badan merasa sedikit aneh pikirannya jadi macem-macem. Mendadak saya jadi pengingat paling oke karena hafal di luar kepala habis pergi ke mana aja atau habis makan apa gitu.

Parno.

Eh kok ya suatu hari di Bulan Desember 2020, saya sakit. Tapi sakitnya ini bener-bener di luar dugaan karena nggak pernah mengalami sebelumnya. Badan saya sehat, cuma kepala saya kalau goyang dikit tuh langsung rasa sakitnya beneran kaya yang DEEEEEEEEEEEENGGGGGGGG.

Tapi kalau kepala nggak goyang ya aman.

Momen kepala kerasa sakit kebetulan pas saya lagi shift siang sendirian. Udah ditahan aja, dikuat-kuatin. Kelar kerja langsung usaha tidur karena kebetulan pas hari Minggu itu jatah libur. Berharapnya kalau tidur lebih awal besoknya bisa membaik. Ternyata, pas hari libur itu justru puncak-puncaknya. Kepala udah nggak levelnya kalau digoyang sakit, tapi rasanya berat dan sakit banget.

Seharian saya cuma tidur. Bangun cuma ke kamar mandi dan makan aja. Jelang malam saya makin panik, soalnya besok saya udah harus kerja lagi sementara kepala sakitnya masih di puncak.

Saat itu langsung mikir harus cari pelarian apa kek yang bikin seneng. Dan random banget, saya memilih menonton drama Korea.

Sekali lagi.... Saya nonton drama Korea!!!!

Pas banget minggu itu momen tayangnya drama Korea True Beauty yang dua pemeran utamanya favorit saya banget kan, Cha Eun Woo dan Moon Gayoung. Apalagi Cha Eun Woo ini bukan manusia lagi kayanya, udah setengah dewa. CAKEP BANGET WOY ASLI!

Cha Eun Woo, Moon Ga Young | Sumber Foto: Instagram/tvndrama.official

Pokoknya saya berusaha meyakini kalau habis liat Cha Eun Woo kayanya saya auto sembuh.

GILE POSITIF THINKING BANGET NGGAK NIH SAYA ANAKNYA.

Ya udah, di tengah sakit kepala itu, saya pun akhirnya memutar episode satu.

Saatnya bilang.. Ma Sha Alla Tabarakallah Cha Eun Woo.

Pemeran True Beauty

Moon Ga Young sebagai Lim Jukyung

Cha Eun Woo sebagai Lee Suho

Hwang In Yeop sebagai Han Seojun

Yoo In Na sebagai Kang So Jin, teman Lim Jukyung dan Lee Suho

Kim Min Ki sebagai Lim Juyoung, adik Lim Jukyung

Yeo Joo Ha sebagai Han Gowoon, adik Han Seo Joon

Kang Minah sebagai Soo Ah, sahabat Lim Ju Kyung

Lee Woo Je sebagai Kim Chorong, sahabat Han Seojun

Kang Chan Hee sebagai Seyeon, sahabat Lee Suho dan Han Seo Jun

Yang paling disuka dari drama ini, semua pemerannya berkarakter dan punya tempatnya sendiri di benak penonton. Keunikan semua karakternya bener-bener bisa keluar dan melengkapi keseluruhan cerita. Good job!

Sinopsis True Beauty

True Beauty
Sumber Foto: Instagram/tvndrama.official

True Beauty menceritakan kisah anak SMA Lim Jukyung yang mendapat bully dari teman-temannya karena penampilannya yang dinilai tidak sesuai standar kecantikan. Saking parahnya bully yang diterima, Lim Jukyung nyaris bunuh diri. Untungnya karena kondisi keuangan keluarga, Lim Jukyung akhirnya pindah sekolah. Di sekolah barunya, ia pun mulai merias wajahnya sehingga terlihat sangat cantik dan menutupi wajah aslinya.

Sementara itu Lee Suho dan Han Seojun adalah sahabat yang akhirnya bertengkar karena sebuah kesalahpahaman. Lee Suho dan Han Seojun yang sama-sama berteman dengan Lim Jukyung pun akhirnya merasa jatuh hati.

Baca juga: Review My ID is Gangnam Beauty

Hati dulu baru fisik pada dasarnya tidak berlaku di dunia ini

Sumber Foto: Soompi


Katanya sih..... Orang bakalan ngeliat dari hati. Tapi sebenarnya sih, nggak bisa dimungkiri kalau apa yang terlihat di luar akan dilihat duluan.

Pastinya udah nggak asing deh kalau ada orang cakep yang melakukan suatu hal aneh atau di luar dugaan, pasti akan ada embel-embel "... Untung cakep" atau "Orang cakep mah bebas."

LAH TERUS KALAU NGGAK CAKEP GIMANA.

Tapi sadar atau nggak sadar, saya juga sering mendeklarasikan stereotip itu sih. Sesimpel saya bilang, "Nggak, nggak dia nggak salah. Orang cakep nggak salah. Saya yang salah, saya".

Ngeselin nggak tuh. Tapi ya gimana.

Itu juga yang dialami tokoh utama di drama True Beauty, Lim Jukyung. Dia mengalami pembully-an di sekolahnya karena penampilannya. Asli jahat banget sih. Kalau saya digituin udah ngamuk.

Meski pun saya nggak cakep, saya tetep ngamuk nggak terima.

TUHKAN. Merendahkan diri sendiri. Kurang-kurangin.

Demi diterima dunia, terkadang kita harus memakai topeng dan tidak menjadi diri sendiri

True Beauty
Lim Jukyung pakai makeup | Sumber Foto: Instagram/tvndrama.official

Lim Jukyung yang merasa frustasi dan sedih karena terus di-bully, akhirnya belajar makeup dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Begitu makeup, Lim Jukyung jadi cantik banget bak bidadari. Saat itulah di sekolah barunya, ia merasa diterima. Banyak teman-temannya yang memuji dan banyak juga yang mau temenan nih.

Ya umur-umur SMA gitu, emang yang dibutuhkan adalah hal-hal sesederhana itu kan? Teman-teman, dan pengakuan.

Jadi inget kata-katanya Chef Renatta: Kenapa sih kita butuh pengakuan dari orang-orang kalau kita cantik?

This is life :)))

Betapa melelahkan kehidupan Lim Jukyung di sekolah, harus terus memakai makeup dan melakukan ini itu supaya nggak ketahuan makeup-nya luntur. Bepergian di sekeliling rumah pun was-was takut ketahuan teman-temannya pas lagi nggak pakai makeup. Yang nonton aja tuh capek. MAU SAMPAI KAPAN?

Kisah persahabatan yang tulus

Sumber Foto: Instagram/m_kayoung

Kangen....SMA. True Beauty bener-bener sukses menggambarkan kisah masa SMA secara apik.

Karena latar drama ini memang banyak berada di kelas dan di sekolah, drama Korea True Beauty berhasil menciptakan ciri khas dan karakter dari siswanya.

Terlebih setiap karakter utama di sini punya gengnya masing-masing, yang sukses dengan karakternya.

Lim Jukyung yang berteman dengan Soo Ah dan Kang So Jin, bisa dibilang masuk kategori 'Geng cantik'. Meski begitu, mereka bertiga ramah dan menyenangkan banget. Soo Ah yang meski nggak pinter-pinter amat tapi sangat cheerful dan tulus banget. Tipe orang yang bakalan paling sedih kalau temennya terluka. Sementara So Jin yang cerdas dan berani, nggak segan-segan untuk maju paling depan buat membela yang terpojok.

Suho yang di awal episode hidup sendirian, akhirnya pun menemukan teman-temannya. Pada dasarnya zaman-zaman SMA tuh baper bukanlah kata-kata yang sering ada. Suho yang ngeselin dan dingin ini, ternyata tetap tidak dijauhi teman-temannya atau jadi bulan-bulanan julid.

Terlepas Suho cakepnya nggak masuk akal ya.

Salut sih sama karakter teman-teman Suho yang nggak baper meski Suho jarang senyum. Mereka tetap kocak dan melakukan hal-hal bodoh di dekat Suho.


Apalagi pertemanan gengnya Seojun. Asli kocak banget. Seru banget kayanya kalau punya temen-temen kaya gengnya Sojun. Tipikal geng yang dicap negatif, tapi sebenarnya mereka baik banget dan sepolos itu melakukan hal-hal bodoh.

Baca juga: Review Find Me in Your Memory

Kisah keluarga yang begitu natural



Lim Jukyung mempunyai seorang kakak perempuan yang cantik dan baik hati, sementara ada satu adik laki-laki yang kocak banget.

Mungkin bagian terbaik dari drama True Beauty adalah keluarga Jukyung. Bagaimana sang ayah yang selalu membela anak-anaknya, bagaimana seorang ibu dengan segala kata-katanya, bagaimana seorang kakak melindungi adik-adiknya, dan bagaimana seorang adik yang paling jail tapi nggak pernah bisa melihat kakaknya tersakiti.

Setiap scene keluarga Lim Jukyung begitu natural dan related buat banyak orang. True Beauty banyak menghadirkan momen bagaimana keluarga akan jadi orang nomor 1 yang membela dan mendukungmu.

Bahkan pas di akhir-akhir episode saya ikutan nangis begitu liat scene ibu Jukyung menangis melihat anaknya tersakiti.

Serius, siapin tisu deh karena meski durasi scene-nya nggak lama, tapi menyentuhnya sampai kelar episode.

Kisah cinta segitiga yang kita sudah tahu akhirnya tapi berharap ada keajaiban

Sumber Foto: Instagram/tvndrama.official

Apa sih yang disukai penonton dari sebuah kisah cinta segitiga? Ya cuma sebagai sensasi-sensasi biar lebih greget aja, bukan bikin emosi dan kesel.

Sebenarnya saya nggak berharap akan ada banyak adegan di mana Lim Jukyung lagi sama Suho terus Seojun liat atau sebaliknya. Terlalu mainstream. Tapi ya gimana... Momen itu harus selalu ada, kan?

Dibilang kisah cinta segitiga, tapi saya merasa drama ini tidak memberikan kesempatan untuk menghadirkan kisah cinta segitiga yang lebih nyata. Buat saya sih lebih ke kisah cinta Lim Jukyung dan Suho yang dibumbui hadirnya Seojun sedikit-sedikit.

Bikin cape tim Suho dan tim Seojun aja yang ribut-ribut dari sebelum dramanya tayang.

Drama Korea True Beauty: Sukses menyampaikan pesan tentang True Beauty, tetapi tidak dengan percintaannya

Sumber Foto: Instagram/tvndrama.official

Saya sepakat kalau True Beauty memberikan pesan moral buat penonton di luar sana, dengan kemasan yang menyenangkan. Jokes di drama True Beauty fresh banget dan bikin terhibur. Lewat drama ini juga, penonton diberitahu kalau dunia memang sekejam itu buat orang yang penampilannya dinilai tidak sesuai standar, lalu digiring untuk belajar mencintai diri sendiri dan menjadi apa adanya serta versi terbaik diri sendiri.

Lim Jukyung yang mungkin nggak sesuai standar kecantikan toh ternyata tetap cantik karena ketulusan dan kebaikan hatinya.

Ya intinya sih kalau kamu cakep tapi ngeselin juga males.

Nggak usah pakai topeng buat diterima dunia, jadi diri sendiri aja. Karena orang-orang yang tulus bakalan tetep di sisi kita dalam keadaan apa pun, dan sesungguhnya kita semua cakep di mata orang yang tepat.

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHALAH.

Tapi untuk kisah percintaan yang mendominasi drama ini..... Saya merasa akhirnya menjadi agak berlebihan. Padahal di episode awal tuh kisah cinta Suho sama Jukyung udah sukses bikin senyam-senyum gemes gitu.

Sayangnya memasuki episode 10 ke atas saya sudah merasa kisah cinta dalam drama ini apa banget.

FYI saya tim Seojun, meski awalnya tim Seojun Suho.

Buat saya kisah percintaan anak di umur dalam drama True Beauty ini terlalu mendramatisir dan jatuhnya jadi 'Apa banget'. Ketambahan ada adegan nyosor-nyosor yang terlalu berlebihan dan sebenarnya nggak perlu-perlu amat buat ada dalam drama.

Belum lagi di poster ada tiga pemeran utama yaitu Lim Jukyung, Suho dan Seojun yang saya pikir akan ada konflik apa gitu. Ternyata nggak. Di tengah-tengah episode peran Seojun nggak terlalu ada porsinya. Barulah jelang akhir episode peran Seojun kaya dipaksakan buat masuk dan mengobrak-abrik hati penonton. Padahal harusnya, di tengah-tengah episode peran Seojun bisa lebih dimaksimalin lagi.

Jadi, kalau kamu tim Suho wajiblah untuk menyelesaikan drama ini sampai 16 episode. Karena saya tim Seojun, sejujurnya sejak episode 14 udah saya skip-skip nontonnya. Sementara di episode 15 dan 16, saya udah nonton bagian Seojun aja

Padahal saya sukanya sama Cha Eun Woo, tapi di drama ini saya nggak suka sama karakter dia. Selain karena karakternya emang bukan tipe idaman saya yang cool dan pendiam, terus bisa-bisanya dia hilang dua tahun terus balik-balik kaya nggak ada dosa.

Duh kalau jadi Jukyung udah kubuang di lautan aja meski modelannya ganteng begitu.

Tapi saya bukan Jukyung. Mendekati Jukyung tanpa riasan pun kagak. alias JAUUUUUUHHHH BANGET WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK.

Yawdla ctw, metyaw buat Tim Suho!

Sebagai penutup tulisan ini, biarkan saya menyampaikan pesan untuk Lim Jukyung:

HEH!!! BISA-BISANYA YA KAMU TIDAK GOYAH DAN TERGODA SAMA SEOJUN SEDIKIIIIIT AJA SELAMA TIGA TAHUN DIA MENEMANI KAMU! PARAHNYA BAHKAN NGGAK NYADAR SEOJUN ADA RASA. YA TAU DEH SUHO KAYA UDAH JADI TAKDIR KARENA PERTEMUAN SEJAK KECIL, TAPI KAN YANG SELALU NEMENIN DAN NGEJAGAIN SIAPA KALAU BUKAN SEOJUN?????????

Kalau kata netizen di Twitter sih, Jukyung adalah perwakilan wanita zaman sekarang yang lebih milih cowo yang udah ninggalin daripada yang selalu ada. WKWKWKWKWKWKWK. Netizen +62 emang ya.

Tapi emang sih IMO ini aneh banget. Masa tiga tahun Jukyung tuh nggak sadar Seojun suka. Masa nggak ada momen-momen di mana Jukyung merasa ada yang beda dari sikap Seojun atau terlintas gitu 'Apa aku moveon aja ya ke Seojun?' atau apa kek.

Ya tau sih yang cakepnya kaya Suho ini kagak ada lagi tapi kan... Auk ah. Kesel banget jadinya padahal ini cuma drama.

Bisa-bisanya ya Jukyung nggak oleng ke Seojun | Foto: Sumber Foto: Instagram/tvndrama.official


Sekian review emosional ini, tolong jangan bully saya sebagai Tim Seojun, ketahuilah saya adalah barisan penonton patah hati. WKWKWKWK.

Btw, setelah nonton ketampanan Cha Eun Woo, ternyata sakit kepala saya nggak sembuh. Baru sembuh dua hari kemudian setelah makan sate kambing.

Hasil akhir: Cha Eun Woo 0 - 1 Sate Kambing

You Might Also Like

6 komentar

  1. sepemikiran banget, menurutku ini kebanyakan kissing nya kaya ada masalah dikit kiss kaya gitu

    ReplyDelete
  2. Sukakk bgt sama review nya kak Elga<333 Awal kesini karna baca review my mister. Demi apa udah baca review itu berkali-kali haha. Sepemikiran banget, temen-temen ku gak tertarik sama my mister. Pas nemu review ini langsung 'akhirnyaaa ada jugaa' wkwkk.

    ReplyDelete
  3. Mbak, aku bersyukur nonton drama ini karena jadi lebih sering memuji nama Allah, tiap liat mukanya Cha Eun Woo. Benerab deh, Ya Gusti indahnya ciptaanMu itu kata2 yang nggak sanggup kutahan. Hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAHAHAHAHA emaaang, Cha Eun Woo bukan manusia fix titik. Level cakepnya tuh sampe nggak masuk logika kwkwkwkwk

      Delete

Berikan komentarmu untuk tulisan ini, yuk! Btw kalau mau komen bisa lewat PC ya :)

Subscribe