[ REVIEW ] Drama Korea Find Me in Your Memory: Terima Kasih Kenangan Manisnya

10:30 PM

FInd Me in Your Memories/Instagram @mbcdrama_now


"Diam lebih sulit daripada berkata-kata. Kita bisa mengatakan lebih banyak hal dalam kesunyian daripada mengatakannya secara lantang"

Sebagai pekerja yang selama sembilan jam harus stay di depan laptop dan sangat hobi rebahan sambil ngelamun, menonton drama Korea belakangan jadi terasa buang-buang waktu. Soalnya, saya lebih memilih menghabiskan waktu satu jam untuk ngelamun daripada nonton. Apalagi ngelamunnya malem-malem. Ya ngelamunin apa aja yang terjadi hari itu, ngelamunin masa depan, ngelamunin hal-hal yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan.

Malem hari itu rasanya tenang, sunyi, hening. Seperti satu dialog dalam drama Find Me in Your Memory, kita justru lebih banyak berbicara dalam kesunyian.

Iya nggak, sih?

Tapi kayanya, saya udah terlalu lama bicara dalam kesunyian selama tiga bulan terakhir sejak menjadi warga negara Indonesia yang baik #DiRumahAja. Sampai-sampai semua benda di kamar kos sudah diajak ngobrol mulai dari kipas angin sampai magic com.

Hehe becanda. Tapi emang saya khawatir sih kalau bakalan ngomong beneran sama kipas angin. Hiks.

Di tengah pandemi dan mengatasi kebosanan di kosan-- bahkan melamun pun sudah jadi aktivitas yang membosankan-- Akhirnya saya mencoba kembali nonton Drama Korea, apalagi kalau bukan Crash Landing on You. Tapi permisi monmaap cuma kuat menyelesaikan sampai episode 12. Drama ini setipe sama Descendants of the Sun yang cuma saya tonton sampai episode 7. Terlalu menye-menye.

Terakhir kali nonton Drama Korea itu Extraordinary You akhir tahun 2019. Butuh waktu sebulan buat mengumpulkan mood menyelesaikannya, itu pun episode 16 di-skip karena jadi Tim Baekyung. WKWKWKWKWK.

Tapi by the way, drama Korea akhir-akhir ini emang bagus-bagus, menarik dan jadi sorotan. Makanya saya tertarik buat mencoba update lagi nonton Drama Korea untuk mengatasi kejenuhan. Pada akhirnya saya jadi kepo dan nonton dua drama Korea on going. Tentunya nontonnya sesempetnya aja setiap weekend datang. Untung nontonnya drama yang lagi on going kan. Gila gila udah kaya direktur sok sibuk.

Hidup sangat teratur. Weekdays bekerja, diakhiri weekend menonton drama Korea. Seimbang. Happy.


Sampai akhirnya ada temen kantor yang sering banget update satu drama bahkan sampai belum move on gitu padahal udah tamat. Ya udah saya jadi kepo dan mulai mencoba nonton. Sampai dibela-belain begadang tiga hari.

It's Find Me in Your Memory. Saya nggak berhenti di tengah jalan nontonnya, dan nggak menyesal setelah selesai nonton.

Drama ini menceritakan kisah dua orang dengan dua kondisi berbeda. Tokoh prianya adalah seorang pewarta berita yang mengidap penyakit di mana ia bisa mengingat setiap momen dalam hidupnya. Nggak ada yang kelupaan. Sedangkan tokoh wanita yang merupakan seorang aktris justru memiliki masalah dengan ingatan sehingga mudah melupakan sesuatu. Mereka punya satu kenangan dengan orang yang sama, satu tak bisa melupakan, satunya lagi sudah melupakan. Jadi, dua tokohnya terhubung lewat masa lalu yang sama.

"Momen paling menyakitkan adalah saat momen paling bahagia jadi kenangan paling menyedihkan. Kadang kamu ingin melupakannya, tapi di hari tertentu kamu tidak ingin melupakannya"

Find Me in Your Memory diperankan oleh Kim Dong Wook sebagai Lee Jung Hoon (Yang dipanggil anchor-nim) dan Mun Ka Young sebagai Yeo Ha Jin.

Kim Dong Wook as Lee Jung Hoon/Instagram @mbcdrama_now
Kim Dong Wook sebagai Lee Jung Hoon


Mun Ka Young as Yeo Ha Jin/Instagram @mbcdrama_now
Mun Ka Young sebagai Yeo Ha Jin


Sejujurnya ini pertama kali menonton akting Ahjussi Kim Dong Wook. Monmaap nih khasanah drama Koreanya emang kurang banyak. Sementara Mun Ka Young nggak asing buat saya, soalnya pernah nonton aktingnya di drama EXO's Next Door yang pastinya teringat selamanya. Meeen, dia akting bareng member EXO nggak paham lagi sungguh beruntung.

Setelah menonton secara keseluruhan, akting Kim Dong Wook sebagus itu sih. Tanpa cela. Untuk Mun Ka Young sendiri, sejujurnya saya nggak liat peningkatan dari aktingnya sejak EXO's Next Door lima tahun lalu. Bukan berarti buruk, tapi ya udah gitu aja. Kabar baiknya, Kim Dong Wook dan Mun Ka Young berhasil menciptakan chemistry yang luar biasa meskipun beda usia sampai 13 tahun.

Bikin geleng-geleng kepala... Kim Dong Wook, beneran nih kelahiran 1983????? Ampun deh kiyut banget.

Kalau kalian nonton Find Me in Your Memory, coba bertahan deh sampai dua episode (1 - 4). Memang, buat saya episode satu terbilang membosankan. Tapi jelang akhir episode dua (4), baru keliatan menarik.

Berawal dan diakhiri dengan pertemuan demi pertemuan, takdir?

Find Me in Your Memories/Instagram @mbcdrama_now


"Kita ditakdirkan untuk bertemu dan saling jatuh cinta. Cara kita bertemu menunjukkan kita ditakdirkan bersama."

Sebenernya saya nggak percaya-percaya amat sih sama kebetulan, apalagi kalau sampai ketemu secara nggak sengaja berturut-turut di dunia yang luas ini. Tapi ya udah, ini kan drama nggak usah terlalu dipikirin. Pertemuan di Find Me in Your Memories masih lebih masuk akal daripada Kapten Ri yang muncul ke Korea Selatan terus dengan mudahnya menemukan Yoon Se Ri.

Awal pertemuan Anchor-nim Lee Jung Hoon dan Yeon Ha Jin dimulai saat keduanya harus siaran News Live bareng sebagai pewarta dan bintang tamunya. Dari situlah pertemuan-pertemuan tak terduga selanjutnya mulai terjadi sampai keduanya digosipkan menjalin hubungan asmara.

Klise? Ooootunggu dulu pemirsa!

Drama yang tidak membiarkan penontonnya tenang

Find Me in Your Memories/Instagram @mbcdrama_now


Find Me in Your Memory menghadirkan konflik adanya penguntit yang sampai melakukan pembunuhan. Sayangnya, pembunuhan itu terjadi pada kekasih Anchor-nim Lee Jung Hoon dan merupakan sahabat dari Yeo Ha Jin.

Delapan tahun berlalu, kisah penguntit kembali terulang. Namun kali ini, Yeo Ha Jin menjadi sasarannya. Tak ingin kejadian dulu terjadi, Lee Jung Hoon pun berusaha menyelamatkan Yeo Ha Jin.

Sampai akhir episode 10, konflik akan berkutat mencari sosok si penguntit dan munculnya orang-orang yang dicurigai. Sebenernya sosok penguntitnya agak terlihat jelas sih, tapi dihadirkan dua tokoh lain sebagai pengalihan supaya penonton bingung.

Lalu ketika konflik penguntit selesai, apakah penonton akan menjadi tenang?

YA NGGAKLAH, KALAU TENANG NAMANYA TAMAT. HADEH.

Dua tokoh dengan kepribadian bertolak belakang

Anchor-nim Lee Jung Hoon merupakan seorang pria yang kaku dan punya banyak ingatan menyakitkan. Sementara Yeo Ha Jin yang ingatannya tak begitu bagus adalah sosok ceria yang kuat dan nggak mudah tersinggung.

Definisi sesungguhnya kalau pasangan itu emang harusnya saling melengkapi deh couple yang satu ini. Gemes!

Baca juga: Review My Mister

Kisah cinta dewasa dari pasangan yang membangun cinta, bukan sekadar jatuh cinta

Find Me in Your Memories/Instagram @mbcdrama_now


"Berjanjilah saat kamu menemukan sesuatu yang berharga, kamu tidak akan ragu mengejarnya."

Kalau Yeo Ha Jin yang emang dari awal udah tertarik dengan anchor-nim karena suatu insiden saat live, berbeda dengan anchor nim.

Episode demi episode, saya cukup puas karena nggak liat 'cinta yang tiba-tiba' dari anchor-nim. Saya nggak liat titik balik di mana anchor-nim merasa punya perasaan untuk Yeo Ha Jin. Semua itu terbangun di tiap episodenya dan akhirnya resmi mekar di episode 10 (19 - 20). Bahkan, sebucin-bucinnya anchor-nim di sini juga tetep elegan. Tiba-tiba dateng pura-pura ambil baju lah, tiba-tiba ikut syuting lah.

Gemes banget ya ampun.

Selain itu, nggak ada juga kisah cinta menye-menye ketika mereka harus diterpa masalah dan berpisah.

Justru saya malah lebih sedih nonton perpisahan yang nggak diakhiri dengan tangisan dan kegalauan, tapi lewat jabat tangan yang diakhiri ucapan Selamat Tinggal dan Terima Kasih.

Kayanya saya udah semakin dewasa deh, Guys...

"Kita harus menemukan orang yang tepat."

Find Me in Your Memories/Instagram @mbcdrama_now


"Kamu selalu tampak jujur tapi sepertinya itu bohong. Aku seperti mendengar banyak hal darimu, tapi sebenarnya aku tak mendengar apapun. Aku merasa kamu sangat sulit dipahami."

Anchor-nim yang kaku dan terkesan menyebalkan untuk beberapa rekan kerjanya, perlahan berubah jadi lebih ramah dan mudah tersenyum. Saya suka banget tuh dengan kalimat rekan tim anchor-nim yang melihat perubahan itu dan mengatakan, "Itulah kenapa kita harus ketemu orang yang tepat."

Meski ditolak berkali-kali oleh anchor-nim, meski kata-kata yang diucapkan anchor-nim menyakitkan, Yeo Ha Jin tetap tersenyum dan bersemangat. Pokoknya senyum terus sampai anchor-nim luluh, salut!

Begitu akhirnya mereka bersama, Yeo Ha Jin yang ceria bener-bener melengkapi anchor-nim, membuat sisi-sisi lain anchor-nim yang selama ini terkesan kaku akhirnya muncul.

Sebenernya dari awal saya nggak tertarik sama anchor-nim karena kok kaku banget, dan nggak pernah senyum lebar. Tapi episode per episode, anchor-nim mulai tersenyum dan tertawa, kemudian saya yang deg-degan.

ASSALAMUALAIKUM AHJUSSI, DAPET SALAM DARI HATI INI...

Second couple yang cute banget!

Find Me in Your Memories/Soompi


Ah suka banget drama ini, ada Kim Seul Gi! Suka banget sama akting Kim Seul Gi dan akhirnya bisa nonton dia lagi walaupun bukan jadi pemeran utama.

Kim Seul Gi di sini berperan jadi Ha Kyung, sebagai adik dari Yeo Ha Jin sekaligus manajernya. Perannya yang menjadi wanita kuat dan serba bisa ini bener-bener membuat Find Me in Your Memories ceria. Walaupun bukan pemeran utama, tapi akting Kim Seul Gi tetep juara!

Di drama ini, Kim Seul Gi akhirnya berpasangan dengan Il-Kwon, rekan kerja anchor-nim di HBN News Live. Il-Kwon adalah sosok pria yang nggak sekuat Kim Seul Gi, tapi manis dan cute banget.

Bener-bener mematahkan stigma cowo harus lebih 'kuat' dari cewe. Buktinya, couple yang satu ini imut dengan caranya sendiri. Doh gemes!


Lee Jeong Hoon dan Yeo Ha Jin yang manis, memberikan kenangan manis buat penonton

Find Me in Your Memories/Instagram @mbcdrama_now


"Setiap momen yang kulalui bersamamu sangat berharga.."

Emang ahjussi-ahjussi drakor paling jago meluluhkan hati penonton!

Rasanya senyum terus deh liat anchor-nim yang dewasa,  menerima telepon dari Ha Jin yang energik dan penuh kerinduan berkali-kali sambil senyum. Gimana dua pasangan berbeda karakter ini romantis dengan caranya sendiri. Ha Jin dengan ide-ide kencan gemesnya dan Lee Jeong Hoon yang selalu siaga menjaga Yeo Ha Jin.

Adegan favorit tentu saja setiap Yeo Ha Jin dengan cerobohnya berjalan mundur dan selalu hampir jatuh.

"Hati-hati. Aku benar-benar lupa, harus selalu waspada saat berada di dekatmu."

Tolong banget episode 15 (29 - 30) ini hati adek melemah liatnya. Adegan di mana Ha Jin mengajak anchor-nim piknik pukul 01.00 dini hari.

Find Me in Your Memories


"Berjalanlah dengan benar."

"Tidak berbahaya jika kamu menjagaku. Aku yakin di masa depan kamu juga akan menjagaku."

Terus anchor-nim senyum sambil ngangguk. Diulangin. Anchor-nim senyum sambil ngangguk. Manis banget ngalah-ngalahin iklan sirup pas Bulan Puasa.

Find Me in Your Memories
Pingsan liatnya.


YA AMPUN HATIKU TIDAK KUAT MENERIMA INI...

Biarkan masa lalu jadi bagian kenangan dalam hidup kita, dan tetap fokus dengan saat ini

Find Me in Your Memories/Instagram @mbcdrama_now


Ya tentu aja, bagaimana bisa melupakan mantan yang meninggal dunia tepat di depan mata, apalagi dengan penyakit yang tidak bisa lupa? Tapi akhirnya anchor-nim menemukan kebahagiaan di masa sekarang dan menjadikan kenangan itu hanya sebagai bagian hidupnya.

"Kini aku tau cara menyimpan kenangan di hatiku dan bergerak maju. Aku tau kenangan itu bisa menjadi kenangan indah, bukan luka. Aku hanya perlu menjalani momen ini dengan indah."

Terima kasih, anchor-nim Lee Jung Hoon dan Yeo Ha Jin yang udah bikin senyam-senyum karena chemistry yang sangat bagus!

You Might Also Like

1 komentar

  1. seru banget review-nya, makasih mbak, jadi pingin nonton, nih.

    ReplyDelete

Berikan komentarmu untuk tulisan ini, yuk! Btw kalau mau komen bisa lewat PC ya :)

Subscribe