[ REVIEW ] Drama Korea Love Alarm: Ketika Cinta Terungkap Lewat Aplikasi

12:31 AM

Love Alarm
Love Alarm Official Poster | Netflix

"Saat Love Alarm berbunyi, jarak antara kau dan dia adalah 10 meter."

Di usia yang semakin tua semakin penuh drama ini, kadang saya lelah menonton drama Korea. Tapi bagaimana lagi, karena masih hidup sendiri ya satu di antara hiburan di kos-kosan tentu saja nonton drama Korea.

HAHAHAHAHAHAHAHA KASIHAN.

Sebelnya, dua bulan belakangan ini lika-liku kehidupan membuat saya nggak sempet menonton drama Korea. Sekalinya ada waktu di kos ya tentu saja dipakai buat guling-guling di kasur. Hingga waktu demi waktu berganti, ramai suara teman-teman bergantian terdengar di telinga....

"Eh udah nonton drama ini belum??"

"Ya ampun drama ini bagus banget!!"

Saya pun terdiam dan nggak bisa nimbrung ngobrol. Drama Angel's Last Mission aja baru sampai episode 22. Nggak kelar-kelar udah tiga bulan ditonton. Dan saya kan tipe orang yang nggak bisa nonton beberapa drama sekaligus karena takut chemistry-nya kecampur. Tekad menyelesaikan Angel's Last Mission sebelum ke drama lainnya ini gede banget. Tapi niat buat nyeleseinnya nggak muncul juga.

Duh ribet banget emang jadi Virgo.

Tapi, semua kegalauan per-drama-an ini kelar! Yaaap, akhirnya saya memutuskan move on dari Angel's Last Mission (Dan nggak tau kapan akan menyelesaikannya).

TERIMA KASIH KIM SO HYUN!

Kim So Hyun Love Alarm

Sebagai penggemar Kim So Hyun garis keras, akhirnya saya punya alasan untuk meninggalkan Angel's Last Mission yang tak kunjung selesai. Begitu tau drama Love Alarm udah kelar episodenya, saya langsung nonton tanpa baca sinopsis atau pemeran utama prianya.

Kalau ada perlombaan paling fans sama Kim So Hyun saya mau daftar jadi kandidat kayanya deh.

WOY INGET UMUR WOY HADEEEEEEEEEEE MASIH AJAAA.

Jadi, Love Alarm adalah serial garapan Netflix yang cuma tayang 8 episode aja. Dan drama ini adalah adaptasi dari webtoon.

Baik saya play episode satu....

"Di dunia ini, kau tak bisa menyembunyikan rasa cinta....."

BUSET KIM SO HYUN CANTIK BENER DEH MAU KAYA GIMANA JUGA.

EH TUNGGU ADEK GEMES INI SIAPA NIH MUKANYA GALAU BENER?

EEEEEEEHHHHH SIAPA LAGI NIH ADEK GEMES YANG SENYUM-SENYUM GINI?

Sad fact: Di usia sekarang, saya nggak bisa panggil banyak aktor/idol Korea pria dengan sebutan oppa.

Setelah nonton menit-menit awal drama Love Alarm, fokus saya jadi malah ke seberapa beruntungnya Kim So Hyun di usia muda. Udah main banyak drama, menang penghargaan, akting sama banyak oppa-oppa pula. 2015 udah direbutin Nam Joo Hyuk dan Yook Sungjae dalam drama School, lanjut main drama bareng Shin Jae-Ha dan Ji Soo, gemes-gemesan sama Taecyeon dalam Let's Fight Ghost, romantis-romantisan sama Yoon Doo Joon, dan kali ini diapit Song Kang dan Jung Ga-Ram.

Kim So Hyun, kenapa beruntung banget sik?!?!?!?!?!?!?

Hye-Young, Kim Jojo, Sun-Oh | Screenshot Youtube The Swoon

Jadi, Love Alarm diperankan oleh Kim So Hyun yang berperan sebagai Kim Jojo, Jung Ga-Ram berperan sebagai Hye-Young, dan Song Kang berperan sebagai Sun-Oh. Mereka kemudian terlibat cinta segitiga.

Terkesan biasa? Yak baik silakan mundur pencinta drama yang tidak biasa, karena drama ini menceritakan kisah cinta segitiga remaja yang terhubung lewat Love Alarm.

Nah, Love Alarm adalah sebuah aplikasi di mana seseorang bisa mendeteksi orang yang menyukainya dalam radius 10 M.

I WANT THIS PLEASE!!!!!!!!!!!!!

Btw, tulisan ini bisa jadi bakalan penuh SPOILER. Skip kalau kalian belum nonton dan nggak suka spoiler!

OK LANJUT.

Konflik drama ini adalah Hye-Young dan Sun-Oh yang bersahabat tapi pada akhirnya naksir satu perempuan yaitu Kim Jojo.

Persahabatan Hye-Young dan Sun Oh yang dari kecil ini gemes banget sih. Sun Oh posesif banget sama Hye-Young, bahkan nggak rela Hye-Young berbagi perhatian ke pujaan hati.

Love Alarm

Hye-Young, sudah lebih dulu memendam rasa pada Kim Jojo. Mereka satu sekolah dan sama-sama bekerja part time di sebuah restoran. Diam-diam, Hye-Young selalu mengamati Kim Jojo. Hingga suatu hari, Song Kang yang baru kembali dari Amerika memergoki rutinitas Hye-Young yang mengamati Kim Jojo.

SUMPAH INI KLASIK BANGET YA! Saat Sun-Oh pertama kali memergoki Hye-Young, dia akhirnya melihat Kim Jojo dan langsung tertarik pada pandangan pertama pas tatap-tatapan.

Tapi, apakah dari situ konflik bermula?

Tidak!

Monmaap karena di akhir episode satu saya terkejut! KALIAN PUN PASTI TERKEJUT LALU AKAN MENJERIT SEBEL DAN GEMES!

Love Alarm


Nostalgia kisah cinta SMA

Drama ini menceritakan kisah cinta anak SMA. Ala-ala Dilan gitu, manis. Drama ini agak kurang cocok dikonsumsi penonton yang udah masuk kategori usia dewasa. Karena harus saya akui, pas nonton drama ini aja saya suka mbatin.

"IYUUUUUUUUUUUUUWWWWWWHHHH."

Demi apapun kata-kata manis Sun-Oh ke Kim Jojo di drama ini khas gombalan remaja banget yang kalau didenger usia saya sekarang tuh responnya bakalan "Basi!".

"Tanganmu."

"Kenapa?"

"Mau kugenggam"

WKWKWKKWKWK MALU SENDIRI NONTONNYA.

Love Alarm

Tapi kisah cinta khas anak SMA dalam Love Alarm ini diceritakan dengan sangat manis. Bikin nostalgia kalau saya dan mungkin juga orang-orang di luar sana pernah jatuh cinta serasa dunia milik berdua, tanpa memikirkan biaya nikahan, cita-cita individu yang belum tercapai, dan lika-liku dari keluarga kedua belah pihak.

Siapa cepat, dia yang dapat


Seperti drama-drama pada umumnya, seperti realitas-realitas di dunia ini, siapa yang bergerak lebih dulu ya tentu saja yang akan menang.

Ingat ya, dunia ini bukan tempat yang tepat untuk jatuh cinta diam-diam.

AHSEDAAAAAAAAAAAAP.

Mau sedalam samudera atau setinggi langit di angkasa rasa cinta Hye-Young ke Kim Jojo, ya tentu saja tidak akan berhasil kalau tak diungkapkan.

Sun-Oh yang bergerak dengan kecepatan tinggi pun akhirnya memenangkan hati Kim Jojo. Dan Hye-Young, cuma bisa meratapi nasibnya.

Love Alarm


I feel you, Hye-Young. Saya tau rasanya jadi second lead female.

HAHAHAHAHAH MAMAM.

Kisah cinta Kim Jojo dan Sun-Oh yang manis

"Seandainya Love Alarm dulu tak diluncurkan. Jika kami tak menyadari cinta kekanak-kanakan ini. Saat ini... Kami akan jadi seperti apa?"

Pernah ngerasain cinta-cintanya sama orang? Pernah menjadikan kebahagiaan seseorang prioritas dalam hidup? Pernah ngerasain bahagia diri sendiri bergantung pada orang yang kita sayang?

Singkatnya, pernah jadi BUCIN nggak?

Love Alarm

Sun-Oh si ganteng kaya raya di sini jadi bucin yang manis banget. Seseorang yang bener-bener cuma ada di drama kagak ada di dunia nyata. Manis semanis-manisnya.

Setidaknya, walau merinding-merinding dikit, tapi gombalan khas "Aku merindukanmu sampai mau mati" ala Sun-Oh ini bakal bikin senyum-senyum.

Hihihi gemes rasanya.

Cinta tanpa cara pendekatan, hanya lewat Love Alarm

"Mencintai adalah perasaan romantis terhadap seseorang. Dia harus nyalakan Love Alarm agar alarm-mu berbunyi. Hanya kamu yang tau Love Alarm-mu menyala atau tidak."

Drama Korea Love Alarm memperlihatkan bagaimana masyarakat Korea Selatan hidup dengan aplikasi yang kemudian membawa dampak positif dan negatif.

Love Alarm

Kisah cinta Sun-Oh dan Kim Jojo pun dibuktikan dengan Love Alarm keduanya yang berbunyi. Sementara Hye-Young, hanya sukses membunyikan love alarm Kim Jojo tanpa mendapatkan balasan.

Dengan Love Alarm, mudah untuk mengetahui siapa menyukai siapa. Tetapi di sisi lain, Love Alarm bisa menciptakan kejahatan dan rasa kesepian.

Bagaimana rasanya jika love alarm-mu tidak pernah berbunyi?

Btw, aplikasi Love Alarm ini bener-bener dibuat dan ada di Play Store! Tentu saja saya sudah download dan melihat angka 0 di sana.

Jadi penasaran kalau aplikasi ini jadi viral dan dipakai banyak orang. Mungkin saya bakalan sedih dan patah hati berkali-kali dalam sehari kali ya liat angka 0.

WKWKWKWKWKWKWKWKKWKWKWK.

Definisi sesungguhnya dari 'We Fall In Love with People we Cant Have"

"Kita terus menyukai seseorang meski tak ada jaminan perasaan kita akan terbalas. Kenapa mencurahkan waktu dan usaha untuk mencintai sepenuh hati kita?"

Pada awalnya memang Love Alarm menyajikan kisah cinta manis Kim Jojo dan Sun-Oh, tapi sebagian besar dari drama ini menceritakan tentang orang-orang yang jatuh cinta pada orang yang tidak bisa dimiliki.

Bahkan aplikasi Love Alarm sendiri dibuat oleh seorang pria yang jatuh cinta pada orang yang tidak bisa dimilikinya.

Love Alarm

Dan meski Love Alarm itu berbunyi, belum tentu juga kita bisa memiliki seseorang itu sepenuhnya, selama-lamanya.

Kisah Kim Jojo dan Hye-Young yang bikin gregetan

"Jika kau mengabaikan pesanku, akan kubiarkan diriku diabaikan. Jika kau membuatku menunggu, akan kubiarkan aku menunggu. Jika kau mencampakkanku, akan aku biarkan aku dicampakkan. Semua itu romantis bagiku karena akan kita lakukan bersama, hal-hal yang tak bisa kulakukan sendiri."

Setelah empat tahun berlalu, Hye-Young masih tetap menyukai Kim Jojo. Hye-Young masih saja membunyikan Love Alarm Kim Jojo meski pun Love alarm-nya tidak balik berbunyi.

Kisah Kim Jojo dan Hye Young yang tersaji di dua episode terakhir membuat gemas. Kim Jojo yang belum move on dari Sun-Oh mencoba membuka hati pada Hye-Young yang membunyikan Love Alarm-nya berkali-kali.

Love Alarm


Setelah Hye-Young mengungkapkan perasaan, saat itulah Kim Jojo sadar jika Love Alarm yang berbunyi berkali-kali dari satu orang lebih penting dari Love Alarm yang berbunyi berkali-kali dari banyak orang.

Love Alarm menyajikan ending yang....... ARGH!!!!!

Oke saya tau ini tayang di Netflix yang akan menjadi series. Tapi, ending dari Love Alarm ini nggak membantu sama sekali.

Gantung banget. Tanpa klu.

SEBEL!!!!1111!!!!!!

Penonton emang bebas berimajinasi Kim Jojo bakalan memilih siapa. Tapi open ending ini terlalu luas.

^@^#/@&@*':_!_!^!&@/'/@@&^@^@

Pemirsa setia Love Alarm, selamat menunggu season 2 yang akan tayang paling lambat spring 2020!

Love Alarm


Jadi, kamu Tim Sun-Oh atau Tim Hye-Young?

Saya tim Hye-Young!

You Might Also Like

17 komentar

  1. aa sama mbak. saya juga tim hyeyoung. sun oh memang gemes banget tapi entah kenapa lebih suka sama hyeyoung. seneng banget baca tulisannya mbak elga. update terus ya mbak huehue:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tim Hyeyoung siap-siap patah hati tapi ya kayanya. :") Thankss sudah mampir dan bacaaa!

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. baru tamat nonton drakornya dlm tempo sehari.. aarrggghh gantung banget endingnya.. kpn season 2 tayang??? btw q tim sun ho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo tim Sunho, bentar lagi tayang nih! Cant waiiitt

      Delete
  4. udah tau drama ini dari baru tayang, tapi gak tertarik nonton karena ngerasa gak pantes emak2 nonton cinta2an anak sekolahan 😂
    e tapi semenjak di konfirm akan ada season 2, ini drama seliwar seliwer mulu di IG akhirnya emak2 anak 1 ini marathon dalam 2 hari nonton love alarm & gue blm move on dong sampe skrg 😂
    ost nya enak bener, easy listening semua..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Drama ini nggak kenal umur, hehe. Saya juga udah ngerasa nggak pantes nontonnya tapi teteup yaah, nonton aja dan senyum senyum terus hehe.

      Delete
  5. Bingung pilih tim yg mana aku kasian sih sama Hyeyoung lebih mengalah demi sahabatnya 😭 tapi aku juga suka sikap nge gas sun oh ke jojo 😂

    ReplyDelete
  6. baiklah berhubung bakalan ada season duanya mari masukan dalam daftar tunggu nonton drakor, terimakasih infonya

    ReplyDelete
  7. Kesel Ama sun oh, udah tau hyeyoung suka Ama Jojo ko tega?

    ReplyDelete
  8. Pengen kesel juga tapi ya udah karena Sun Oh gemes jadi dimaafkan. Tapi tetep tim hyeyoung hehehe

    ReplyDelete
  9. Makasih reviewnya mbakkk, terus ngereview yaa,suka banget sama tulisannya 😍😍

    ReplyDelete
  10. Cewe yg sma sunho aku ngga suka
    Btw aku tim sun ho😊

    ReplyDelete
  11. Team hyeyoung, tapi denger" klo di komikny endingnya hyeyoung sama jojp. Tapi kutak tauu

    ReplyDelete

Berikan komentarmu untuk tulisan ini, yuk! Btw kalau mau komen bisa lewat PC ya :)

Subscribe