Kebun Buah Mangunan dan Jembatan Gantung Selopamioro

2:14 AM

Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di daerah Jogja, tepatnya di Bantul. Untuk menuju ke sana, melalui Jalan Imogiri Timur lalu lurus terus sampai ada pasar Imogiri. Ketika menemukan pasar Imogiri, ada sebuah pertigaan dan ambil jalan kiri. Selanjutnya, ikuti plang yang terdapat di jalan. Lokasi ini cukup mudah ditemukan karena banyak petunjuk asalkan jeli melihatnya.

Saya sudah tiga kali pergi ke Kebun Buah Mangunan. Pertama kali, untuk menuntaskan rasa penasaran. Kedua kali, pergi bersama sahabat dekat, dan yang ketiga dengan teman-teman kos.

Kunjungan pertama pada bulan Januari 2013 tidak begitu mengesankan, karena pada saat ke sana angin di puncak Kebun Buah Mangunan sangat kencang sehingga saya justru sibuk memegangi kerudung yang berantakan terbawa angin.



Sibuk benerin kerudung

Kunjungan ke-dua pada bulan Desember 2013 di minggu tenang semester lima bersama Ain dan Tondo. Ingatan saya akan jalan cukup pudar saat pergi bersama mereka, sehingga sempat salah belok beberapa kali dan kena marah Tondo yang bawelnya minta ampun.  Tetapi sampai di sana, toh kami ceria-ceria saja. Duduk-duduk menghabiskan jajan yang kami bawa, berfoto, dan tetap bahagia meski kehujanan.


“Apakah kita sudah ada di langit?” – Ain, begitu melalui tanjakan yang tak kunjung usai.

Dan kunjungan ke-tiga, pergi dengan teman-teman kos beserta kerabat teman kos. Setelah bangun pagi-pagi tanpa tahu ingin ke mana, kami memutuskan ke Kebun Buah Mangunan lalu lanjut menuju jembatan gantung Selopamioro.


Dari Kebun Buah Mangunan, jembatan ini terlihat dengan jelas. Tenang.. karena semua belum menikah, maka kami tidak memutuskan untuk langsung terjun ke bawah melainkan mengambil jalan memutar. Untuk menuju ke Jembatan Gantung Selopamioro juga tidak terbilang sulit. Jika dari arah Pasar Imogiri ke kiri menuju Kebun Buah Mangunan, kali ini ambil jalan ke kanan (ada plang menuju Selopamioro). Nah, setelah itu lurus saja dan belok ke arah SMP N 2 Imogiri. Hati-hati, karena SMP ini tidak begitu terlihat di pinggir jalan. Jika sudah menemukan SMP N 2 Imogiri lurus terus saja ikuti jalan yang memang agak jauh. Nanti kalau berada di daerah persawahan dan menemukan pertigaan, ambil kiri dan.. sampai. Sepanjang jalan menuju jembatan Selopamioro ini, pemandangannya indah banget, ditemenin sama sawah dan aliran sungai Oyo.




Satu-satunya yang belum terungkap cuma satu. Jika kami berada di Jembatan gantung Selopamioro, dimanakah Kebun Buah Mangunannya? Karena meski kepala kami sudah menatap sampai langit, Kebun Buah Mangunan tidak tampak juga. Yuk, cari tahu dengan berkunjung ke sana!

You Might Also Like

0 komentar

Berikan komentarmu untuk tulisan ini, yuk!

Subscribe