[ Review ] Drama Korea Hospital Playlist: Terbaik 2020

3:00 AM

Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official
Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official


Sejak menonton Drama Korea Hospital Playlist, saya jadi bertanya-tanya... Kira-kira siapa ya sahabat yang bakal tetap ada bersama saya (Kalau panjang umur) sampai 20 tahun ke depan?

Ketika menulis ini, saya mencoba berpikir dan memetakan mereka yang masih bersama saya di masa-masa sulit dan senang. Ada dua dari masa kuliah, sisanya rekan-rekan kerja di media online pertama. Dari sekian banyaknya sahabat, mungkin memang benar-benar tinggal mereka yang selama beberapa tahun terakhir ini masih bersama saya dan update kehidupan saya.

Pernah, salah satu rekan kerja saya, Galih bilang kalau tidak mau mendramatisir pertemanan. Yang udah waktunya pergi ya pergi. Ya bener juga. Sejak saat itu saya mengira-ngira sampai kapan mereka akan membersamai saya.

Tapi ketika menonton Hospital Playlist, saya jadi tidak ingin mengira-ngira. Saya inginnya, mereka bisa bersama saya untuk waktu yang lama. Seperti pesan saya pada satu di antara rekan kerja media online pertama saya sekitar satu tahun lalu, jauh sebelum saya menonton drama ini.

"Clo. Jangan menjauh ya. Kalau aku nggak pernah hubungin, kamu yang hubungin aku ya. Kalau aku nggak bales WhatsApp, kamu chat lagi."

Kira-kira isinya begitu. Soalnya, saya sangat mudah menghancurkan komunikasi dengan orang saking pelupa dan magernya baca/bales chat.

HUHU terima kasih Hospital Playlist sudah tayang dan membuat rindu teman-teman di tengah pandemi ini.

Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official

Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official


Drama Korea Hospital Playlist menceritakan tentang kehidupan lima dokter yang bersahabat sejak masa kuliah dan bekerja di satu rumah sakit yang sama. 

Ceritanya berpusat dengan kehidupan lima tokohnya sebagai dokter, sebagai sahabat, dan sebagai..... Pemain band.

Nggak ada yang jahat, nggak ada yang bikin gregetan. Drama ini murni menceritakan kehidupan tanpa dilebih-lebihkan.

So, siapa aja pemeran Hospital Playlist?

1. Jo Jung Suk

Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official
Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official

Aktor yang satu ini pastinya udah nggak asing lagi buat penonton Drama Korea. Drama yang dibintanginya selalu laris manis! Di Hospital Playlist, Jo Jung Suk berperan sebagai Lee Ik-Jun yang sudah mempunyai seorang anak laki-laki yang lucu yaitu U-Ju.

Lee Ik-Jun adalah dokter bedah umum yang kepribadiannya kocak banget, ramah, tapi sering ikut campur urusan orang lain.

2. Jeon Mi Do

Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official

Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official

Tahun 2020 harus banget menjadikan peran Chae Song Hwa yang dibintangi Jeon Mi Do sebagai sosok wanita inspiratif. Seorang dokter bedah saraf yang dijuluki 'Setan' karena tak pernah lelah dan terlambat meski punya banyak rentetan jadwal operasi dan kegiatan.

Mandiri, tegas, cerdas, berhati lembut. Tapi agar tidak terlihat sempurna karena manusia pada dasarnya tak ada yang sempurna, tokoh Chae Song Hwa memiliki satu kekurangan yaitu buta nada. Sekali nyanyi, syok semua!

3. Yoo Yeon Seok

Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official
Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official


Yang ini juga udah nggak asing, apalagi berperan sebagai dokter. Berperan sebagai Ahn Jung Won, Yoo Yeon Seok adalah dokter bedah pediatrik. Kepribadiannya yang lembut, sayang anak-anak, baik hati, selalu menjadi malaikat penolong, bisa bersikap dewasa di tengah sahabat-sahabatnya tapi di satu sisi kekanak-kanakan banget.

Lalu, apa kekurangan Ahn Jung Won kalau udah ganteng karakternya bagus? Ada.... Ahn Jung Won sosok yang sangat perhitungan mendekati pelit. Ya tapi tetep gemes monmaap.

4. Jung Kyung Ho

Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official
Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official

Pasti auto keinget Sooyoung SNSD kalau bicara soal Jung Kyung Ho. Pacar Sooyoung SNSD ini berperan sebagai Kim Joon Wan, dokter kardiotoraks yang sangat tegas dan blak-blakan. Sebagai dokter, Kim Joon Wan selalu to the point soal kondisi pasien pada keluarganya. Meski begitu, Kim Joon Wan sebenarnya lembut dan baik dengan caranya sendiri. Dan kalau di antara gengnya... Kim Joon Wan benar-benar berbeda. Sisi tegasnya sebagai dokter benar-benar menghilang!

5. Kim Dae Myung

Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official
Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official


Kim Dae Myung berperan sebagai Yang Seok Hyung, seorang dokter bedah kebidanan dan ginekologi yang lembut pada pasien dan rekan kerjanya. Seok Hyun sebelumnya pernah menikah dan pernah bercerai, ditambah masalah keluarga, sosoknya pun menjadi semakin intovert.

Seok Hyun hanya ingin melakukan apa yang disukai dan lebih senang sendirian. Di awal-awal episode, ia bahkan berusaha tak terlalu bergaul dengan rekan-rekan kerjanya.

Kenapa namanya Hospital Playlist? Karena drama ini berawal dari Seok Hyung yang mau bekerja di Rumah Sakit bersama teman-temannya asalkan mereka berlatih band bersama seperti saat kuliah.

Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official
Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official


"Aku hanya ingin menghabiskan waktu bersama teman-temanku."

Saat semuanya sudah setuju, hospital playlist pun dimulai.

Persahabatan yang indah

Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official
Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official

Lima tokoh yang bertemu karena suatu insiden saat awal-awal masuk kuliah ini tetap berteman sampai 20 tahun ke depan yang mana sekarang usia mereka sudah 40 tahun.

Seperti pada persahabatan pada umumnya, lima sahabat ini juga menghabiskan hidup bersama, saling bantu satu sama lain, dan saling-saling lainnya.

Awalnya saya pikir bakalan ada love line yang ribet di antara empat pria dan satu orang wanita nyaris perfect. Ternyata dugaan melesat. Saya happy banget karena drama ini nggak mainstream, nggak ada rebut-rebutan satu tokoh wanita.

Dalam tiap episodenya juga nggak melulu mereka diceritakan bareng terus. Sebagai dokter mereka tetap punya dunia dan kesibukan masing-masing, kalau ketemu ya cuma pas makan bareng dan nge-band. Tapi dalam tiap episode padahal cuma makan atau istirahat kerja, dialog dan interaksi yang muncul sukses menggambarkan persahabatan yang udah terjalin selama 20 tahun. Bukan cuma digambarkan dari mereka saling mengerti satu sama lain, tapi juga bagian-bagian yang mereka rahasiakan dan ingatan mereka.

Momen di mana Kim Joon Wan bahkan ketuker nama adik dan anjing Ik Joon atau bahkan lupa Ik Joon punya istri adalah bagian terbaik. 

Selain itu, tentu aja ada bagian mereka bertengkar kaya anak kecil. Bahkan kadang-kadang cuma karena makanan. Lebih tepatnya, Jeong Won sering nggak kebagian makanan karena sibuk menyiapkan ini itu di meja makan.

Persahabatan yang selalu bikin ngakak ini juga dibumbui dengan hal-hal manis. Sesederhana mereka bisa tau satu sama lain kalau ada yang lagi punya masalah, ada yang lagi punya pacar, ada yang lagi seneng. Tapi mereka tuh malah bingung dan mencurigai temen-temennya peramal setiap itu terjadi.

PADAHAL KAN MEREKA UDAH BERTEMAN 20 TAHUN JADI TUH DARI EKSPRESI ATAU KEBIASAAN AJA KETAHUAN KAN KALAU BERUBAH.

Yang paling berkesan tuh kalau salah satu dari mereka ada masalah, tapi empat lainnya nggak akan jadi drama tapi selalu ada dan menghibur.

Waktu Song Hwa merasa sakit dan periksa ke dokter, semuanya menawarkan diri untuk ikut melihat hasilnya. Pas Song Hwa menolak, ya mereka nggak serta merta datang sok romantis. Yang dateng cuma Ik Joon karena penonton tau itu memang karakternya.

Tiga lainnya, datang pagi-pagi ke ruangannya buat menanyakan hasilnya dan nggak tau kenapa scene gitu aja bikin senyum-senyum.

Masing-masing tokoh punya karakter yang kuat

Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official

Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official

Meskipun drama ini punya lima tokoh utama, tapi semua karakternya bisa terlihat dan saling mendominasi satu sama lain.

Sosok Ik Joon yang ceria, gesrek dan mudah bergaul. Bisa berkeliling ke setiap departemen bahkan ikut ke acara kumpul-kumpul departemen lain. Selalu mau berjuang buat orang lain meski jadi terkesan sering ikut campur.

Jeong Won yang lembut, baik hati dan sayang anak-anak. Meski agak perhitungan, Jung Won bener-bener bak malaikat karena kebaikan hatinya.

Kim Joon Wan, blak-blakan dan tegas tapi paling setia kawan. Pokoknya sosok yang di depan nggak pernah keliatan baik dan manis, tapi selalu melakukannya diam-diam. Favorit!

Sosok wanita satu-satunya, Seong Hwa, yang nggak lantas jadi manja karena punya empat orang teman pria. Yang bahkan lebih kuat di antara teman-temannya. Yang baik hati dan hangat. I adore her so much!!

Terakhir, ada Seok Hyeong yang introvert dan penuh kasih sayang. Paling nggak suka ribut-ribut dan selalu berusaha menjadi penengah saat empat sahabatnya berantem.

12 episode tapi penonton udah seolah mengenal mereka selama 20 tahun juga.

Hubungan antar karakter yang terjalin

Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official

Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official

Lima orang sahabat, pasti mereka punya interaksi yang berbeda satu sama lain.

Ik Joon dan Song Hwa yang lebih sweet satu sama lain, Jeong Won dan Song Hwa yang saling pengertian, Seok Hyeong dan Song Hwa yang saling mendukung, Ik Joon dan Kim Joon Wan yang selalu berantem, atau Kim Joon Wan dan Jeong Won yang selalu sekompak itu.

Hubungan yang paling saya suka sih Song Hwa dan Kim Joon Wan yang selalu kompak dalam urusan makan, saling berantem tapi diam-diam peduli satu sama lain.

"Kalian sangat rakus. Cocok sekali. Tetaplah berteman dan jangan menikah, cukup bertemu di meja makan saja," Ik Joon dan Jeong Won pada Song Hwa dan Jung Wan.

Jokes yang bikin sakit perut, tapi hangat

Ada banyak sekali hal-hal yang bikin ngakak dalam drama ini, terutama tingkah Ik Joon dan anaknya U-Ju. Sampai kadang saya masih ketawa mengulang-ulang part itu.

Kegesrekan Ik Joon nggak ada duanya. Bener-bener ada aja tingkahnya yang bikin ngakak. Apalagi part Ik Joon dan Jung Wan, selalu ada aja hal lucu yang terjadi!

Kisah mereka yang ada di rumah sakit

https://www.instagram.com/p/CAXD5Edpbpb/
Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official

Selain menghadirkan kisah lima tokoh utamanya dalam kehidupan pribadi atau sebagai dokter, akan ada kisah-kisah mengharukan dan membahagiakan dalam drama ini.

Saya sebagai penonton nggak bakalan bohon kalau sempet nangis di beberapa bagian. Di rumah sakit, ada air mata kesedihan buat mereka yang gelisah dan kehilangan. Ada air mata bahagia bagi mereka yang merayakan kesembuhan. Kisah setiap pasien dan dokter-dokter yang berjuang habis-habisan bener-bener menyentuh.

Waktu bagian Kim Joon Wan datang ke pemakaman pasiennya diiringi lagu With My Tears, saya nangisnya sampai sesenggukan.

Sedih banget, asli.....

Cerita cinta yang sederhana tapi manis

https://www.instagram.com/p/B_oaMYGJ8j1/
Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official

Di awal, penonton bakalan digiring dengan pemikiran-pemikiran "OH DIA SUKA SAMA INI, OH KAYANYA DIA SUKA DEH!"

No. Nooo! Jangan terkecoh!

Masing-masing dari mereka memiliki kisah cinta dan nggak berpusat ke tokoh perempuan Song Hwa.

Ik Joon yang akhirnya berpisah dengan sang istri dan berlabuh kembali ke seseorang yang pernah dicintainya, Song Hwa yang belum membuka hati sejak diselingkuhi meski ada dua pria yang menyatakan cinta, Kim Joon Wan yang menjalin hubungan diam-diam dengan seorang wanita tangguh, Seok Hyong yang dicintai rekan kerjanya, dan Jeong Won yang mencintai Tuhan.

Sorry harus spoiler berat bagian ini yang belum nonton bisa skip aja because terlalu suka dengan kisah cinta Jeong Won dan dokter Jang Gyeo Wool berhati dingin.

Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official
Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official


"Jeong Won, Tuhan pasti mengerti. Selain itu, kalau hati dan otakmu tak sejalan, hatimu yang benar. Ikutilah kata hatimu, maka kamu tak akan menyesal," Ik Jun.

Jang Gyeo Wool yang jatuh cinta pada Jeong Won, sementara Jeong Won ingin menjadi pastor.

Ternyata, kisah cintaku selama ini belum sesakit di drama....

"Musim dingin tiba. Musim dingin yang kita tunggu tiba...," Song Hwa, pada Jeong Won.

Playlist yang daebak!!

Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official
Hospital Playlist/Instagram @hospitalplaylist_official


Jo Jung Suk, suaramu bagus. Tapi Yeo Yoon Sok, suaramu bikin deg-degan.

EEAAAAAAA.

Setiap episodenya, selain momen makan-makan, lima sahabat ini akan berlatih band dan menghadirkan playlist-playlist nostalgia. Selain itu, ost Hospital Playlist juga diisi dengan penyanyi-penyanyi besar (Dan favorit saya!) kaya Joy Red Velvet, Kyu Hyun, Urban Zakapa.

Saya ngakak Song Hwa jadi vokalis dan menyanyikan lagu Lonely Night.

Saya nangis pas denger lagu With My Tears yang dinyanyikan mereka, sementara ada scene Kim Joon Wan datang ke pemakaman pasien.



Saya jerit-jerit nggak karuan waktu Yeo Yoon Sok nyanyi lagu Confession is Not Flashy sambil main drum. WAPARAHSIH SAYA YAKIN SEMUA ORANG BISA MEMUTAR SCENE ITU PULUHAN KALI.



Dan tentu saja, lagu terakhir yang dinyanyikan mereka berlima. Pas nonton video klipnya rasanya campur aduk.

SATU TAHUN LAGI! SATU TAHUN LAGI UNTUK HOSPITAL PLAYLIST SEASON 2!



"Bagiku, kau tetap menjadi lagu sendu tak berwujud seperti ini di dalam hati kecilku. Kuingin menjadi bintang tak terhingga di bola mata indahmu dan bersinar selamanya.

Layaknya senja saat matahari terbenam, aku menjadi sebuah kenangan indah bagimu. Seraya mengingat masa muda kita yang berharga, semoga hal itu tetap menjadi lukisan tanpa penyesalan..."

So, siapa sahabat yang paling kamu ingat ketika menonton Hospital Playlist?

Saya..... klik di sini.

*Bonus dua dokter favorit di Hospital Playlist: Jeong Won dan Kim Joon Wan.

Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official
Hospital Playlist/Instagram @tvndrama.official

You Might Also Like

2 komentar

  1. Mbak, aku udah selesai nonton Hospital Playlist terus baca ulang reviewmu, klik youtube link yg kamu posting di reviewnya, dan aku nangis sesenggukan. Berkesan banget drama itu buat aku dan rasanya lama bgt harus nunggu 1 th utk nubggu season 2. Nggak sabar bangetttt !!!

    ReplyDelete
  2. Mbak, aku udah selesai nonton Hospital Playlist terus baca ulang reviewmu, klik youtube link yg kamu posting di reviewnya, dan aku nangis sesenggukan. Berkesan banget drama itu buat aku dan rasanya lama bgt harus nunggu 1 th utk nubggu season 2. Nggak sabar bangetttt !!!

    ReplyDelete

Berikan komentarmu untuk tulisan ini, yuk! Btw kalau mau komen bisa lewat PC ya :)

Subscribe