[REVIEW] Teaser EXO - The War 'Ko Ko Bop'

4:25 AM

Koreaboo.com
Twitter adalah media sosial yang paling nyenengin buat saya. Soalnya, saya merasa bebas di Twitter dan nggak ada kepura-puraan. Temen-temen saya nyaris nggak ada yang main Twitter lagi dan itu membuat saya bebas follow orang-orang di lingkup luar kehidupan saya yang punya pemikiran luas. Mari jujur-jujuran deh, di Instagram atau Path, pasti ada momen kamu ngerasa butuh penyegaran timeline dan nggak butuh postingan temen-temen tapi kamu harus tetep follow karena mereka adalah temen, kan?

Sementara timeline Instagram pribadi saya sungguh membosankan, timeline Twitter saya suci dan penuh manfaat mengalir untuk kehidupan (halah). Banyak kicauan selebtweet yang bisa bikin ketawa, mikir, dan tersentuh. Kesannya main saya jadi jauh aja gitu. Dan beberapa waktu lalu ada seorang selebtweet yang mengunggah postingan Instagram Alanda Kariza soal novel terbarunya.

Saya lupa kalimatnya apa, tapi intinya, teaser novelnya kira-kira berbunyi, "Setiap pekerjaan, semenyenangkan apapun, pasti ada titik jenuhnya."

Damn.

Saya suka pekerjaan yang lagi saya jalani: nulis. Tapi saya emang lagi ada dalam titik jenuh, ngerasa hari-hari nggak berwarna. Dunia tuh kerasa abu-abu aja, dateng kantor, cari topik heboh, ketik, lempar ke netijen, cukup viral, pulang. Dah gitu aja.

Sedihnya, kejenuhan itu berakibat fatal pada produktivitas. Dulu saya masih bisa nulis sampai tujuh berita dalam sehari. Sekarang mencapai target aja saya sering nggak mampu. Hina banget.

Beruntung di saat-saat kritis seperti ini, tiba-tiba dari Korea sana Lee Soo Man mengabarkan kalau anak didiknya yang bernama EXO bakalan comeback. Finally!!!!!!!!!

SM Entertaiment

Saya tentu aja seneng, karena pengalaman-pengalaman sebelumnya, setiap EXO comeback saya seperti menemukan kekuatan baru.

WKWKWKWKWKWK.

Gimanapun, Korea dan Indonesia sangat berbeda. Kalau di sini kita bisa lihat idola manggung terus, main sinetron, jadi presenter, jadi bintang tamu, like seumur hidup banget tampil di layar kaca meski belum ngeluarin album baru. Di Korea sana, bintang-bintang papan atas cuma akan berkeliaran kalau mereka comeback dan lagi dalam masa promosi album. Setelah itu mereka lenyap ditelan bumi, ya konser, ya pemotretan di balik layar, ya jadi bintang iklan. Paling maksimal main film. Jadi, masa-masa comeback adalah masa di mana penggemar K-Pop bisa liat idolanya di layar kaca tiap hari.

SM Entertaiment

Sayangnya comeback EXO kali ini nggak terlalu berpengaruh banyak buat kehidupan saya. Okelah saya seneng, tapi nggak yang bikin semangat menjalani hari. Teaser foto EXO yang dirilis pun nggak bikin saya penasaran. Biasa aja, ngeliat foto-foto mereka penuh warna plus baju bunga-bunga yang kancingnya sedikit kebuka di bagian dada, saya udah nebak ini pasti konsep ala-ala summer di pantai.

Menariknya justru saat di jagat dunia maya tiba-tiba bermunculan akun-akun medsosnya EXO, dari Twitter, Facebook, sampai Instagram. Dan promosi teaser video album EXO di Twitter sukses banget sih. Jadi SM Entertaiment bikin polling yang ketika di-klik langsung kebuka music video teaser EXO. Kayanya saya klik 'Ko Ko Bop' deh waktu itu. Lucu banget pokoknya EXO so kekinian!

Beberapa hari setelah itu, teaser album ke-4 yang bertajuk 'The War' akhirnya dirilis. Silakan cek Youtube SM Entertaiment ya! Teaser videonya satu-satu kaya waktu path code EXO. Dari sini saya sudah melihat keniatan SM dalam membuat comeback ciamik untuk EXO. Tahun lalu B aja soalnya, cuma main kode-kodean EXACT yang bocor di awal-awal.


Teaser yang pertama keluar adalah Kai seperti biasanya aja. Muncul-muncul rambut Kai gimbal ala-ala reggae. Mantap jiwa. Yakin banget sih ini EXO bakalan joget-joget di Hawai.

By the way, logo daun-daun EXO belum dibahas ya?

*Digebuk EXO-L*

WKWKWKWKWKWK.

Sempet ngakak so hard waktu tau logo EXO kali ini adalah bunga dan daun. Apakah Lee Soo Man terinspirasi dari Baekhyun yang gelagatnya seperti ulet keket sehingga logo EXO kali ini ijo royo-royo. Tapi emang selucu apapun sih logo daun itu memang cocok banget untuk comeback EXO ala-ala Hawai ini. Jadi nggak bisa protes.


Saya nggak inget urutan teaser yang muncul setelah Kai. Tapi yang dari awal mengganggu penglihatan ini sih Baekhyun. Nggak suka banget sama rambut bulu ayamnya Baekhyun. Emang sih konsep retronya dapet banget, tapi nggak mau, nggak suka. Apalagi cuma Baekhyun yang berdandan seaneh itu. Skip aja lah teaser-nya Baekhyun. Saya nggak menikmati.


Untungnya, Chanyeol jadi penetral akan mata yang sakit melihat rambut Baekhyun. Setelah tahun lalu saya kesel banget sama rambut warna merah keritingnya Chanyeol, rambut Chanyeol tahun ini terbaik! Sebenernya Chanyeol ini tipikal rambutnya diwarnain apa aja cocok memang. Ditambah shoot eksotis dengan tatapan mata tajam Chanyeol, i love his teaser!


Konsep ala summer di Hawai juga cocok banget sama Chen! Warna dan model rambut Chen kece, ditambah alunan musik dan gaya pura-pura telernya Chen..... sempurna! Jarang-jarang sih saya terpukau sama Chen, tapi aura dia keliatan banget kali ini! Akhirnya SM bisa mengeluarkan jiwa Chen juga. 


Kabar baiknya, nggak cuma Chen yang akhirnya bisa bikin ngerasa, "Ini dia neeeh konsep yang cocok!" tapi Xiumin juga gokil. Member tertua yang kolot ini emang kerasa banget perubahannya setelah debut bareng EXO-CBX. Dia jadi lebih punya karakter yang kuat setelah selama ini cuma jadi bayang-bayang EXO aja.


Tapi yang paling ajaib dari Chen dan Xiumin yang sebenarnya adalah Suho. Suka banget sama model rambut dan warnanya. Nggak kelihatan canggung dan Suho jauh lebih bisa mendalami karakter sebagai anak pantai yang bisa ngajakin cewe mabok walaupun masih nggak bad boy banget. Soalnya Image anak baik-baik dan kaku dari Suho masih tetap kerasa, tapi nggak terlalu mengganggu. Akhirnya ya Suho, penggemarmu pasti bangga! 

Dan yaaaak... tibalah pembahasan pada dua teaser terakhir terfavorit: Sehun dan D.O!


Alasan kenapa teaser Sehun jadi dua terfavorit adalah hal mutlak yang sebenernya nggak usah dijelaskan lagi: Sehun ganteng. Member termuda EXO yang suaranya nggak indah ini emang diapa-apain ganteng. Mau rambutnya warna merah, keriting, atau botak juga gantengnya paripurna. Mau pakai baju bunga-bunga sambil umbar dada atau pakai kemeja tertutup rapat juga tetep bikin terpesona.

Mungkin di luar sana banyak yang bilang bahwa penampilan fisik itu nggak lebih penting daripada bakat. Tapi Sehun adalah satu di antara bukti kalau tampang bisa membuat orang jadi sukses dan punya mobil seharga milyaran. Okelah Sehun punya bakat dance yang keren, tapi ketika di EXO ada Kai yang jadi center sebenernya bakat Sehun nggak dibutuhin banget.

Sehun mungkin penemuan agen casting EXO yang paling berhasil. Nggak sia-sia dia ditemuin pas pulang sekolah pas lagi makan jajan. Tampang Sehun memang bisa membawa hoki untuk EXO.

#SehunForLife


Sedangkan juara pertama dari teaser 'Ko Ko Bop' tentu saja dipegang oleh D.O. Teaser D.O berhasil menutup rangkaian teaser individu secara sempurna. Kepolosan abadi D.O adalah kunci dari segala kesempurnaannya. Di dunia ini, ada orang yang menarik karena tingkahnya tapi juga ada yang menarik karena nggak banyak tingkah. Dan D.O adalah orang yang nggak banyak tingkah, jarang senyum, misterius, namun sungguh menarik.

Seperti biasanya D.O menampilkan kesuciannya lagi di teaser kali ini. Nggak pakai tato tempelan, dia justru pakai kaos untuk menutupi dada bidangnya. Dia nggak perlu lari-lari, cukup duduk dan menatap kamera dengan matanya yang misterius. Camera person-nya D.O pasti yang paling nggak banyak tugas. Cukup nge-shoot dari berbagai sisi, hasil sempurna akan tetap didapatkan. Dan dari semua potongan teaser D.O, senyum tipisnya menjadi gong dari semua teaser EXO.


Overall saya puas sama semua teaser individu EXO yang sudah diluncurkan SM Entertaiment. Ya meskipun teaser itu sebenernya seadanya banget sih, cuma potongan-potongan video klip yang dibalut lagu-lagu di album 'The War'. Tapi kelihatan lah niatnya dalam comeback EXO kali ini, terutama untuk jiwa-jiwa yang nggak bisa move on dari teaser album EXODUS berupa path code yang tidak terpecahkan.

Dari semua hal yang membahagiakan di comeback kali ini, tentu aja album ke-4 EXO tidaklah sempurna karena ketiadaan Lay.

Ya gimana sih, aneh banget saat EXO masih bersembilan tapi dipaksain comeback berdelapan.

Ini aneh banget sih.

DICARI: MEMBER EXO YANG TERLUPAKAN

Ketika Kai yang tahun lalu cedera aja masih bisa diselip-selipin ikut pemotretan, bikin teaser, dan bikin video klip, saya sebenernya gagal paham kenapa Lay yang sehat wal'afiat nggak bisa ya diluangin waktunya untuk pulang ke Korea dan ikutan proses comeback. Apakah 24 jam Lay benar-benar terpakai tanpa ada jeda sekalipun di Cina? Serius, saya becanda kalau dulu suka bilang EXO udah berdelapan aja daripada Lay nggak pernah muncul.

Waktu itu saya cuma kesel aja kok karena mata EXO-L ini udah kebiasaan dimanjain sama formasi EXO yang cuma berdelapan. Dan itu bahaya.

Lay udah terlampau sering nggak ikut kegiatan EXO. Tapi kalau album besar kaya gini Lay pun nggak bisa berpartisipasi, apakah ini adalah detik-detik keluarnya Lay?

Tolong siapapun kasih tau Lee Soo Man kalau Allah menyukai yang ganjil.

Biar pada inget kalau EXO masih 9 orang.

Tahun ini mungkin jadi satu di antara comeback yang paling berat setelah keluarnya Kris atau Tao di album-album sebelumnya. Tapi bagaimanapun, konsep album EXO yang tanpa Lay ini sebenarnya adalah sebuah cerita besar kehidupan.

Ahelah....

Dengan atau tanpa Lay, hidup harus tetap berjalan. Dengan atau tanpa Lay, kita harus tetap bersenang-senang. Dan EXO sukses membawakan sebuah makna tentang 'Jalani dan bersenang-senanglah' dalam comeback kali ini. Apalagi member EXO sekarang udah mulai tua! Udah kesaing tuh sama BTS. Ya dijalani aja lah ya. Ups........

You Might Also Like

1 komentar

Berikan komentarmu untuk tulisan ini, yuk!

Subscribe