Skip to main content

Highlight

Lebih Sakit Meninggalkan atau Ditinggalkan?

Open Trip ke Pulau Pramuka Kepulauan Seribu: Mencari Kebahagiaan dengan Keluar dari Rutinitas

pulau pramuka

Saya merasa sangat menyebalkan beberapa waktu terakhir, nggak mindfullness dan udah nggak selucu dulu. Sebenernya bukan masalah besar karena toh saya menyadari ini fase hidup yang memang harus dijalani di transisi kehidupan sejak memutuskan pindah ke Jakarta.

Tapi kalau kita mulai mempertanyakan kita happy atau nggak, menurut saya itu masalah besar.

Memang beberapa waktu terakhir hidup saya lagi kaget-kagetnya karena perubahan dan kecepatan yang terjadi di hidup. Saya yang dulu masih bisa bangun tidur 15 menit sebelum masuk shift kerja sekarang harus bangun dua jam lebih awal. Saya yang dulu pulang kerja paling malem di kantor aja masih sempet nonton drama Korea bahkan nyuci baju (IYA, NYUCI BAJU), eh sekarang merasa udah pulang dari kantor paling cepet sampai kosan scroll TikTok doang tiba-tiba tengah malem. Belum lagi pekerjaan juga semakin nggak ada kelarnya di saat lagi-lagi saya mulai mempertanyakan tentang apa yang sedang saya jalani.

BACA: Pindah Kota 

Setelah merunut banyak hal tentang kenapa akhir-akhir ini saya bersikap menyebalkan, akhirnya saya ketemu satu jawabannya.

Sepertinya, saya kangen hari-hari tanpa internet dan melihat dunia ini. Tentu selama ini saya jalan-jalan, tapi yang saya rindukan tuh pergi ke alam yang bikin saya bener-bener penasaran akan seperti apa nantinya; Ada rasa excited, takut, dan tidak nyaman sekaligus.

Saya mengingat-ingat kapan saya punya perasaan itu, dan ternyata udah lama banget waktu terakhir saya ke Nusa Penida yang part 2-nya aja belum selesai ditulis sampai sekarang, padahal sudah 1,5 tahun berlalu.

Oh, dan saya udah lama banget nggak ke pantai!!

Baca: Nusa Penida Part 1

Akhirnya saya ngajak satu temen saya dari Jogja buat ikutan open trip ke Pulau Pramuka. Beberapa waktu terakhir emang saya udah kepikiran ke Pulau Seribu, mau coba open trip sendirian tapi masih ragu-ragu. Untungnya ada yang mau nemenin, sangat menyenangkan kembali ke alam dan teman lama yang udah kenal saya segala-galanya.

Perjalanan kami dimulai pukul 05.00 di titik ketemu Stasiun Pasar Senen menuju ke Pelabuhan Kali Adem Muara Angke. Emang Elga lagi kurang literasi jadi malah nulis Pelabuhan Muara Angke aja yang adalah pelabuhan ikannya. Akhirnya kami turun di gerbang pelabuhan dan ternyata masih sekitar 15 menit jalan kaki menuju Pelabuhan Kali Adem. Buset nih jauh juga kan untuk kaum-kaum jompo.

Tapi percaya kan kalau pertolongan Allah selalu tepat waktu?

Asik.

Ini beneran Guys, di saat kami nggak kepikiran apa-apa dan udah lah pasrah aja jalan kaki tiba-tiba ada bapak-bapak bawa kendaraan ini muncul di samping kita. Itu tuh yang kaya tuk-tuk di Thailand.

"AYO KE PELABUHAN 15 RIBU AJA"

Nggak pikir panjang kami langsung naik dan ngakak ini kok bisa-bisanya bapaknya muncul di saat kita pasrah banget. Meski akhirnya macet banget dan kami tuh selalu salip-salipan sama mbak-mbak yang jalan kaki, tetap happy karena bisa save energy.

NB: Kalau mau ke Pelabuhan Kali Adem spare waktu lebih karena jalan masuknya beneran macet banget kalau bawa mobil.

Akhirnya sampailah kami di pelabuhan yang habis direnov ini, beneran bagus dan bersih sih! Menurut saya wisata Kepulauan Seribu ini harus lebih di-branding karena di tengah hiruk pikuk kota healing ke sana beneran udah cukup buat charge energy.

Sebentar, dipikir-pikir kok tulisan saya mulai banyak campuran Bahasa Inggris. Sungguh udah jadi anak Jaksel, WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK.

pelabuhan kali adem muara angke

Jadi di open trip ini kami dimasukin ke grup sekitar 35 orang dan guide-nya bakalan kasih petunjuk dengan catatan, baca arahan dengan seksama.

Kita dikasih barcode tiket dan naik kapal sesuai arahan, karena guide-nya nunggunya di pulaunya ya bukan di pelabuhannya.

Hati-hati dalam berjalan dan melangkah karena bakalan naik turun kapal dengan sedikit tantangan. Tetap fokus dan Bismillah sebelum melangkah.

Karena berangkat agak telat, sebagian kursi di kapal udah mulai terisi jadi udah nggak bisa milih spot. Kami akhirnya duduk di tengah supaya bisa tetep nyender dan tidur karena malam sebelumnya temen saya di kereta dan saya kerja belum packing yang berujung tidur setengah jam aja.

Tentunya, jangan lupa minum antimo biar nggak mabuk laut. Kebetulan saya udah minum antimo di awal jadi kapal belum jalan saya tuh udah ngantuk banget. WKWKWKWKWKWK beneran saya tidur dari kapal baru jalan 5 menit dan bangun 5 menit sebelum kapal berlabuh karena udah berisik.

YA ALLAH.


Kami ketemu guide tepat di pelabuhan buat diabsen. Setelah itu kita jalan kaki ke titik kumpul buat pembagian kamar. Kirain semua peserta bakalan satu homestay, ternyata pisah-pisah rumah. Asik banget kaya bertetangga. Saya dan temen saya pisah homestay sekitar dua rumah, jadi kita selalu samper-samperan.

Setelah makan siang, kami diantar ke homestay buat persiapan trip. Saya sekamar dengan tiga orang lainnya, temen saya malah sama tujuh orang.

Jam satu siang, kami sudah di titik kumpul buat ke beberapa spot termasuk snorkeling. Kami kembali ke dermaga dan naik ke perahu yang isinya sekitar 15 orang.

Pulau Air

Perjalanan pertama kita adalah ke Pulau Air yang jaraknya sekitar 10 menit. Di sini airnya warna hijau dikelilingin tumbuhan air yang hijau-hijau, bener-bener nyejukkin mata. Kami berhenti agak lama karena ada sesi foto-foto per orang. Jadi sambil nunggu giliran foto, bisa santai menikmati pemandangan.

Lanjut, kita ke destinasi selanjutnya yaitu Pulau Gosong Patrick. Di sini peserta latihan snorkeling dan kalau sempet foto-foto dulu di pasir putihnya. Waktu di sini sekitar 20 menit aja buat latihan dan foto-foto.

Pulau Gosong Patrick

Setelah itu kami snorkeling di spot Soft Coral. Ini sih bagian terbaiknya. Kapal berhenti di tengah laut dan kami bebas snorkeling dan menikmati matahari yang mulai turun.

MENANGYS INDAH BANGET!!! Bahagia banget bisa menikmati langit dan laut bersamaan. Tidak lupa pasang earphone dan mendengarkan lagu galau karena tema liburan kali ini adalah galau with a view.

WKKWKWWKKWKWKWKWKW NOW PLAYING ANGGI MARITO TAK SEGAMPANG ITU.


Sesi ini sekitar satu jam sebelum akhirnya kita di tujuan terakhir buat sunset. Kapal bergerak dan matahari udah mulai turun. Spot terakhir ini ada restonya, sebenernya saya udah bayangin sunset sambil ngopi tapi ternyata nggak ada kopi di menu.

Pulau Pramuka


Padahal bayangin deh liat sunset di tengah laut sambil ngopi dan makan gorengan pasti syahdu banget.

Bener-bener anak senja. Tinggal bikin puisi aja.

Chakep.


Menjelang gelap, kapal pun kembali ke dermaga. Kami langsung nyerahin alat snorkeling dan ambil makan malam. Setelah itu acara bebas, santai dulu nggak sih menikmati hidup.

Tapi ini beneran bagian terbaiknya.

Setelah mandi dan pakai OOTD santai menjelma warga lokal, saya nyamper temen di rumah sebelah. Kami akhirnya memutuskan jalan-jalan keliling Pulau Pramuka, tapi memutuskan ke masjid depan dulu yang deket dermaga. Pulau Pramuka masih bisa kami jangkau dan kami melewati setiap gangnya sambil menikmati hidup, keluar dari rutinitas.

Iya, bagian terbaiknya adalah saya melakukan kegiatan baru di luar kerja, pulang kantor, main di kafe, dan melewati jalanan yang itu-itu lagi.

Malam itu, saya melewati gang demi gang sambil melihat banyak pemandangan baru yang sekelilingnya adalah laut.

It's a happy place.

Akhirnya kami memutuskan buat duduk-duduk di pinggir pantai sambil beli banyak banget jajanan kaya sosis bakar, otak-otak, tempura, bakso goreng, dan nggak bohong SEMUANYA ENAK!!

BENERAN KALAU KE PULAU PRAMUKA HARUS BANGET JAJAN DAN DUDUK-DUDUK DI PINGGIR PANTAI SAMBIL MINUM ES TEH.

Bonusnya, kammi bisa ikut karaokean gratis dari tetangga sekitar yang nyanyiin lagu lawas sampai Kerispatih.


Ada kali dua jam kami cuma duduk-duduk menikmati momen. Sampai akhirnya jam sepuluh malam kami kembali ke homestay masing-masing karena udah ngantuk banget.

Bagian terbaiknya lagi: Saya bisa tidur lebih awal, nyenyak, tanpa mimpi, dan bangun saat azan Subuh.

Setelah pulang dari pulau, saya kembali ada di kotak kamar kos, menatap dinding, dan merasakan tekanan padahal nggak ada yang ngejar saya.

Makanya, momen di Pulau Pramuka semacam momen healing yang sangat langka untuk dialami.


Alarm berbunyi, temen saya udah nelfon-nelfon. Kami udah bersiap buat ke Pantai Sunrise buat menyambut matahari. Meski awan menyelimuti, tapi akhirnya matahari muncul juga.

Ini juga nih momen pengingat, kalau udah lama banget saya nggak bangun pagi buat ngejar matahari. Kenapa ya kalau di rutinitas saya nggak ada seger-segernya pas pagi. Tapi hari itu meski bangun pagi, badan saya seger banget. Saya sangat menikmati momen pergantian dari gelap ke terang.


Setelah sarapan dan mandi, saya dan temen saya langsung menuju titik kumpul duluan buat ngopi pagi-pagi di pinggir pantai.

Setelahnya, kami ke penangkaran penyu. Sebelumnya saya nggak pernah terlalu perhatian sama penyu, tapi kali ini saya sungguh-sungguh mendengarkan penjelasan guide dan melihat setiap detail kehidupan penyu.

Melihat kehidupan lain, selain kehidupan sendiri.


Setelah dari penangkaran penyu kami kembali ke Pantai Sunrise sebelum akhirnya siap-siap pulang. Soalnya belum sempet foto-foto proper di Pantai Sunrise, dan kami memutuskan menikmati acara bebas ini sebelum akhirnya angkat tas menuju dermaga.

Kami sampai pertama di Plaza Kabupaten buat ambil tiket, nggak lupa beli jajan lagi sebelum pulang.

Beneran sih kangen banget makan tempura di sana......

Kalau pas berangkat kemarin kami nggak dapet tempat duduk, kali ini kami masuk pertama dan dapet spot yang kami mau buat menikmati perjalanan 2,5 jam.

Sore hari sesampainya di Jakarta, saatnya kembali ke rutinitas. Tapi kali ini, dengan hati yang lebih penuh.

Sedihnya, saya masih mempertanyakan satu hal: Habis liburan ini saya bakal happy nggak ya?

Biasanya, setelah liburan saya selalu bahagia menjalani hari-hari setelahnya.

Tapi kalau kita masih mempertanyakan kita happy atau nggak, menurut saya itu masalah besar.

Kalau belum tau apa yang bikin bahagia, semoga kita menjalani hari-hari yang bikin bahagia.


Comments