[REVIEW] My ID is Gangnam Beauty: Tentang Mencintai Diri Sendiri

2:12 AM

My ID Is Gangnam beauty | Source: Dramafever.com

Dua minggu setelah menyelesaikan Come and Hug Me, saya belum nonton drama Korea lagi. Sumpah saya nih move on-nya lama banget. Butuh waktu yang nggak sebentar untuk menyelesaikan kisah drama sebelumnya lalu masuk ke sebuah drama baru lagi. Saya nggak bisa nonton beberapa drama dalam waktu bersamaan. Dijamin chemistry-nya rusak, gagal baper deh nanti di tiap dramanya.

NGGAK MASHOOOOKK PAK EKO!

Barulah setelah hari-hari terasa ada yang janggal, akhirnya mikir-mikir drama apa yang mau ditonton.

Hmm.... Sebenernya mau ngomong terasa ada yang hampa, tapi kok kesannya kasihan banget.

WKWKWKWKWKWK.


Berhubung udah semakin tua dan butuh lebih banyak tidur, saya ogah buang-buang waktu buat nonton drama Korea yang nggak sesuai selera. Saya sempet nonton What's Wrong with Secretary Kim beberapa episode karena drama itu booming banget. Tapi tuh tapi, cerita cintanya terlalu biasa aja buat saya. Nggak kuat saya lanjutinnya. Hingga suatu malam, saya mendadak iseng nonton drama Korea 'My ID is Gangnam Beauty'.

Satu menit...

Sepuluh menit...

20 menit...

40 menit...

Satu jam...

SUMPAH DRAMA INI COCOK BANGET SIH BUAT W!!!111!!!!

My ID is Gangnam Beauty emang termasuk kategori drama populer karena diadaptasi dari webtoon. Dan yang paling penting, pemeran utamanya Cha Eun Woo.

Diulang sekali lagi....

Pemeran utamanya Cha Eun Woo!!

Iya saya tau Cha Eun Woo ASTRO ini ganteng banget. Tapi semua berubah ketika di drama My ID is Gangnam Beauty.

MALAIKAT SIH INI, BUKAN LAGI MANUSIA.......................

Cha Eun Woo | Source: Instagram/@jtbcdrama

Nggak ngerti kenapa Cha Eun Woo di My ID is Gangnam Beauty bisa jadi setampan itu dengan karakter cool yang cemburuan. Pengen sayang tapi bukan levelnya. :(

Saya langsung gelisah setelah nonton beberapa episode awal My ID is Gangnam Beauty.

Selama beberapa bulan pindah kerja, satu hal yang cukup kerasa hilang adalah momen di mana saya pengen banget ngobrol tentang K-Pop atau drama Korea tapi nggak ada temennya. Di kantor sebelumnya ada Claudia yang tegar banget kalau saya mulai kedip-kedip pas lagi tergila-gila sama drama Korea. Naaahh, berhubung udah gatel banget pengen ngobrol, ada dua orang di kantor yang saya paksa buat nonton My ID is Gangnam Beauty.

BERUNTUNG MEREKA PUN MELELEH SEPERTI DIRI INI, SETELAH ITU SAYA PUNYA TEMAN MELELEH DI MANA CHAT KITA BERISI FOTO-FOTO CHA EUN WOO ATAU TESTIMONI SETELAH NONTON TIAP EPISODE.

HAHAHAHA APAKAH INI PANTAS DILAKUKAN MBAK-MBAK USIA 25 TAHUN HAHAHAHA HAHAHAHAHA.

Tidak sopan gantengnya. | Source: Instagram/@jtbc

Jadi, cerita macam apa sih My ID is Gangnam Beauty ini?

My ID is Gangnam Beauty menceritakan Kang Mi Rae (Diperankan Im Soo Hyang) yang sepanjang hidupnya di-bully karena fisik dan wajahnya. Sejak saat itu, yang dia tau orang-orang selalu menilai orang lain dari penampilan, bukan inner beauty.

Menjalani kehidupan yang penuh bully akhirnya membuat Mi Rae lelah. Dengan dalih pengen hidup normal seperti orang lain, Mi Rae melakukan operasi plastik. Tapi ternyata operasi plastik nggak menyelesaikan semuanya. Dulu Mi Rae di-bully karena penampilannya, sekarang Mi Rae di-bully karena melakukan operasi plastik.

Ngurusin komentar orang emang nggak kelar-kelar.

"Aku hanya ingin menjadi normal. Aku hanya ingin hidup normal seperti orang lain. Apakah itu sesuatu yang tidak akan pernah bisa kumiliki?"


Im Soo Hyang | Source: Instagram/@jtbc

Sedekat itu kan drama My ID is Gangnam Beauty dengan isu kehidupan kita sehari-hari? Kita tau quote 'Kecantikan datangnya dari hati' bener adanya. Tapi kita juga nggak bisa memungkiri kalau sebagian besar orang selalu menilai dari fisiknya dulu, kan?

BODO AMAT MI RAE INI CANTIK DARI HATI, TETEP AJA KENA BULLY, MY LOVE~

Tapi yang Mi Rae lupa, yang kita semua lupa, masih ada orang di dunia ini yang nggak menilai seseorang dari fisiknya aja.

Seperti Do Kyung Seok yang diperankan oleh Cha Eun Woo.

"Penampilan bukanlah segalanya. Aku tidak suka wanita cantik," ucap Do Kyung Seok kepada Mi Rae.

WOW WOW WOW WOW APAKAH ANDA PERCAYA ADA ORANG SEPERTI ITU DI DUNIA INI?~~

Tatap terus jangan sampai lepas! | Source: Instagram/@jtbc

Jadi, Mi Rae dan Do Kyung Seok ini ceritanya teman semasa SMP yang akhirnya ketemu lagi di universitas. Sejak awal, Do Kyung Seok udah menyadari Mi Rae adalah teman SMP-nya. Sayangnya  Mi Rae nggak mengakui karena takut wajah lamanya terbongkar di kampus. Tapi, akhirnya Mi Rae nggak bisa mengelak lagi, dan akhirnya malah berteman sama Do Kyung Seok.

Awalnya teman, lama-lama nggak mau pisah. Duh..............

Melalui episode ke episode, penonton bakalan menyaksikan bagaimana Mi Rae belajar untuk nggak lagi melihat orang dari penampilan fisiknya. Penonton juga bakal menyaksikan bagaimana proses Mi Rae melakukan penerimaan terhadap dirinya sendiri.

"Tidak peduli apa yang orang katakan, kamu adalah orang yang paling berharga bagi dirimu sendiri."

Ah, ngena banget ucapan ibunya Kyung Seok....

Sepanjang hidup, ada beberapa orang yang bikin saya iri. Satu, orang yang rajin terutama dalam belajar dan mengejar pendidikan setinggi-tingginya. Dua, orang yang bisa gambar. Tiga, orang yang percaya diri. Empat, orang yang nggak peduli sama apapun kata orang lain tentang dirinya. Lima, orang yang mencintai dirinya sendiri.

Terutama tiga terakhir itu sih, level iri setinggi-tingginya.

Percayalah, saya dulu adalah orang yang takut banget untuk maju ke depan kelas. Jangankan ngomong di depan umum, lewat depan banyak orang aja saya nggak percaya diri. Rasa takut akan pikiran orang lain tentang saya selalu menang selama belasan tahun hidup. Sampai akhirnya saya merantau, mulai kuliah lalu bekerja, bertemu banyak orang dan belajar kalau dunia ini ada ragam banyak orang yang unik dengan caranya sendiri.

Pikiran-pikiran saya jadi lebih terbuka hingga sampai di titik 'Nggak peduli dengan pikiran jelek orang lain tentang saya, nggak peduli apapun yang dikatakan orang tentang saya' kecuali kalau itu kritik membangun.

YA TERSERAH KOMENTAR APA, EMANGNYA SAYA MINTA DILAHIRIN DENGAN ALIS TIPIS INI KAN KAGAK.

EH SAYA SANTAI BEP NGETIKNYA CUMA PERLU CAPSLOK DEMI PENGHAYATAN~

Tapi, apakah 'Nggak peduli omongan orang' bisa dikategorikan dengan mencintai diri sendiri?

Saya pikir sih belum tentu, karena toh saya masih belajar banget untuk menerima dan mencintai diri sendiri.

Ada banyak hal yang bikin seseorang jadi nggak mencintai diri sendiri, yang umumnya datang dari omongan orang alias bully.

Yes, kita mungkin nggak peduli dengan penilaian orang lain tentang kita yang bisa jadi masuk kategori bully, tapi pada akhirnya kita bisa jadi nggak mencintai diri sendiri.

Dan isu ini dekat banget sama kehidupan sehari-hari. Sadar nggak sadar, kita adalah korban bully sekaligus pelaku bully itu sendiri. Lagi becanda apa tiba-tiba ngomongin sesuatu yang nyerempet ke fisik atau kekerasan. Udah lama nggak ketemu tiba-tiba yang dibahas ukuran tubuh. Semua berawal dari hal-hal itu. Dan saya pun masih belajar untuk mengontrol semuanya.

Sementara itu, mungkin buat saya yang biasa kena bully-bully kecil begitu udah bodo amat kecuali lagi PMS. Tapi nggak semua orang bisa mengatasi bully. Ternyata di luar sana banyak yang mengalami ketakutan dan trauma akan bully.

Ngomong-ngomong kok obrolan saya serius amat, ya. Apakah saya sudah cocok mengisi seminar?

Sudah siap ditonton dek Cha Eun Woo kalau saya kelak mengisi seminar~ | Source: Instagram/@jtbc

Standar Kecantikan, Bully, dan Operasi Plastik di Korea Selatan

My ID is Gangnam Beauty ini mengangkat isu yang lekat banget dengan Korea. Seseorang yang kena bully, nggak mampu mengatasinya, hingga akhirnya melakukan operasi plastik. Dalam My ID is Gangnam Beauty, Mi Rae adalah orang yang selalu takut akan pandangan orang lain sedangkan Kyung Seok adalah orang yang nggak pernah peduli dengan pandangan orang lain.

"Seandainya aku bisa hidup tanpa memikirkan pandangan orang lain.."

"Aku tidak apa-apa. Aku sudah terbiasa. Begitulah aku hidup selama ini."

YA MONMAAP NIH KALAU DO KYUNG SEOK YANG DIPERANKAN CHA EUN WOO SIAPA YANG BISA MEMANDANG BURUK TAPI KAN.

Sebenernya saya mulai aware sama isu bully sejak suka K-Pop dan drama Korea sih. Cukup banyak drama yang sebenernya menggambarkan realitas bully yang terjadi di sana. Kalian nggak bisa ngomongin artis/idol K-Pop "Plastik", karena budaya bully di sana memang sekeras itu. Setiap negara kan punya standar kecantikan sendiri, yang mana standar kecantikan Korea adalah kulit putih, kelopak mata ganda, hidung mancung, kepala kecil, dan tirus.

Yoona, standar kecantikan Korea Selatan | Source: Instagram/@Yoona_lim

Lewat drama Korea, saya jadi tau kalau nggak sedikit remaja yang (ingin) bunuh diri karena nggak kuat menerima bully. Saya juga jadi tau kalau hadiah kelulusan SMA di sana itu biasanya berupa operasi plastik.

Dan setelah sempat jadi content writer, saya mulai tau kalau banyak artis K-Pop yang mengalami bully di masa lalu dan berjuang untuk melewatinya.

Nggak dimungkiri, selama ini yang disorot dari seorang bintang K-Pop adalah penampilannya. Pertanyaan seperti, "Dia operasi plastik nggak sih?" hingga pernyataan seperti, "Ah itu sih oplas!" sering saya dengar. Padahal jauh di masa lampau, banyak artis/idol K-Pop yang berhasil mengatasi bully yang dialami sewaktu kecil.

Dalam sebuah wawancara, Jeon Somi nggak kuasa menahan tangis saat menceritakan kalau dia sempat di-bully. Memiliki ayah yang berasal dari Kanada sementara ibu Korea, penampilan Somi dinilai berbeda dari siswa lainnya.

"Aku di-bully, aku penyendiri. Tapi aku berhasil mengatasinya. Itulah mengapa aku menjadi gadis yang penuh impian," ungkap Somi dalam variety show 'Standby IOI'.

Park Bo Young yang imut dan menggemaskan pun mengungkapkan jika ia mendapatkan bully ketika berada di sekolah. Sampai sekarang, dia memutuskan menghindari berbagai komentar negatif di internet tentang dirinya sendiri.

Bahkan beberapa waktu lalu, Kang Daniel Wanna One akhirnya buka-bukaan dalam sebuah segmen di acara 'Hello Counselor' KBS TV. Siapa sangka, Kang Daniel mendapatkan bully saat di SD karena penampilannya.

"Aku mungkin lebih jelek dari yang lain, tapi aku lebih baik dalam bernyanyi dan menari. Aku hanya perlu melakukan yang terbaik di atas panggung. Pada akhirnya, kepercayaan diri itu datang dari dirimu sendiri," tegas Kang Daniel.

Seriusnya isu bully di Korea akhirnya membuat sejumlah artis melakukan gerakan anti bully, salah satunya melalui karya.

Tahun 2012 lalu, NUEST debut dengan lagu FACE yang menyuarakan tentang anti-bully. FACE menyampaikan pesan untuk berhenti melakukan bully dan menghargai adanya perbedaan.

Kalau NUEST terlalu lawas (Ya ampun iya saya angkatan lawas), mungkin kita bisa menilik BTS.

OMG OMG SAYA MEMBAHAS BTS, APAKAH SAYA SUDAH PINDAH FANDOM SETELAH EXO TAK KUNJUNG COMEBACK?!?

BTS punya lagu 21st Century Girls untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka yang di-bully. Terbaru, BTS meluncurkan kampanye UNICEF Love Yourself yang fokus pada kekerasan dan menjadikan dunia tempat yang aman untuk anak-anak dan remaja hidup bahagia.

Campaign itu sejalan dengan album trilogi Love Yourself milik BTS.

Source: redbubble.com

Btw monmaap nih sebelumnya, sebenernya saya nggak ngerti-ngerti banget sama album BTS, ini cuma ke-sok tau-an aja kalau liat sekilas dari tiga albumnya.

Jadi yang pertama adalah "Love Yourself: Her" yang menceritakan rasa cinta seseorang pada pujaan hati.. Setelah "Her" ada "Love Yourself: Tear" yang menceritakan rasa pilu yang akan didapat kalau terlalu mencintai orang lain daripada diri sendiri. Dan yang terakhir ada "Love Yourself: Answer".

Lewat "Love Yourself: Answer", BTS pengen bilang agar kita mencintai diri sendiri dulu daripada mencintai orang lain. Ketika kamu mencintai orang lain tapi belum bisa mencintai diri sendiri, sesungguhnya cinta itu palsu.

I'M SO SICK OF THIS FAKE LOVE, FAKE LOVE, FAKE LOVE~~

Nah melalui  "Love Yourself: Answer", BTS mengajak kita untuk lebih mencintai diri sendiri lewat lagu "Idol".

I'M IN LOVE WITH MY-MYSELF,
IT'S OKAY,
YOU CAN'T STOP ME LOVIN' MYSELF

OH OH OH OH

OH OH OH OH OH OH OH
OH OH OH OH OH OH OH OH

DEONG-GIDEOG KUNGDEOLEOLEO EOLSSU~


Berbagai isu bully itulah yang mungkin membuat My ID is Gangnam Beauty menjadi drama yang cukup populer belakangan ini. Gangnam beauty sendiri merupakan panggilan untuk mereka yang melakukan operasi plastik karena banyaknya klinik kecantikan di Gangnam. Terpenting, My ID is Gangnam Beauty punya pesan besar di balik ketampanan Cha Eun Woo semata.

Dari My ID is Gangnam Beauty, kita jadi tau kalau setiap orang itu cantik/tampan kalau:
1.) Mencintai dirinya sendiri
2.) Punya sisi baik yang disebut 'Inner beauty'
3.) Ya karena emang dari sananya cantik/tampan WKWKWKKWK

Jangan pedulikan omongan buruk orang lain, yang penting kita harus tetap mencintai dirimu sendiri.

Seperti kata Cherrybelle, "Kamu cantik dari hatimu...."

Jadi, sudahkah aku, kamu, orang di sebelah kamu, menerima dan mencintai diri sendiri?

You Might Also Like

0 comments

Berikan komentarmu untuk tulisan ini, yuk! Btw kalau mau komen bisa lewat PC ya :)

Subscribe