[ REVIEW ] EXO: MONSTER

1:08 AM

Saya meyakini, momen di mana orang-orang mulai memasuki hidup yang sesungguhnya adalah ketika ia mulai memiliki prioritas yang akhirnya menggeser kesenangan-kesenangannya selama ini.

Selama satu minggu belakangan saya nggak ngerasain yang namanya tidur malam hari. Kalau dulu-dulu saya nggak tidur malem karena uget-uget sambil internetan di kasur, selama beberapa minggu terakhir saya sibuk banget di depan laptop. Yeah, laptop is my boyfriend now. Saya nggak bisa banget jauh-jauh dari laptop butut yang physically mengenaskan karena penuh dengan lakban. Nggak cuma hidup saya yang berubah, tapi prioritas saya juga. Dulu saya masih bisa nonton berbagai film atau nonton drama korea sepanjang hari. Saya juga masih bisa meliuk-liuk di kasur dengerin musik atau nontonin YouTube. Tapi sekarang, mencari celah buat melakukan hal itu udah susah banget. Segala kesenangan di dunia fana ini akhirnya bukan prioritas saya lagi.


Termasuk prioritas menonton video-video EXO di YouTube.


Rasanya baru kemarin saya terjebak dalam dunia korea-koreaan penuh kesesatan. Rasanya baru kemarin saya ngikutin boyband terdrama yang ada di Korea. Tapi sekarang nontonin kegiatan EXO bukan prioritas saya. Padahal EXO lagi comeback dan tampil di mana-mana yang sayangnya saya nggak bisa ngikutin semua itu. Yehet, sampailah saya pada suatu momen di mana EXO jadi prioritas kesekian saya.

Baca dulu review abal-abal Lucky One di sini.


Jadi setelah SM Entertaiment merilis video klip Lucky One, satu jam kemudian video klip Monster juga dirilis. Jujur aja nih saya excited banget sama lagu Monster gara-gara teaser-nya yang begitu menjanjikan. Nggak cuma dari sisi video klipnya, sedikit nada dan penggalan lirik “creeping creeping creeping” itu udah nempel banget pas pertama kali lihat teaser videonya. Dan ya bener aja, begitu pertama kali menonton video klip Monster saya berdecak kagum. Sungguh, saya ini memang fans yang cepat dipuaskan. HAHAHAHAHA.






Apa sih yang bisa kita bayangkan dari lagu Monster? Kalau SM Entertaiment bisa membuat judul Wolf dan mengubah member-member EXO menjadi serigala jadi-jadian, bukan nggak mungkin kan kalau kali ini member EXO jadi monster jadi-jadian juga. Ya tapi khayalan memang nggak boleh terlalu tinggi, karena ketika selesai menonton video klip Monster untuk pertama kalinya langsung ada hening yang panjang sebelum keluar teriakan umpatan.


KOK VIDEO KLIPNYA ISINYA ORANG-ORANG TAWURAN?????





Ini tuh udah kaya dibawa ke panggung pelaminan terus nggak jadi dinikahin. Setelah menceritakan kembalinya kekuatan member EXO di video klip Lucky One, terus di video klip Monster kita disuguhin member-member EXO yang jadi manusia biasa tanpa kekuatan alien namun mengandalkan kekuatan otot. Lah.......



Menurut cerita dari Byun Baekhyun yang jadi pemeran utama di video klip ini sih, cerita video klip Monster adalah para member EXO yang ditindas oleh pasukan revolusioner.


(apa)


(revolusioner)


Di sini peran Baekhyun sebagai spy yang akhirnya menyelamatkan para member EXO. Tapi maaf-maaf nih SM Entertaiment, saya nontonnya kaya emang EXO nih geng-geng bandar narkoba yang kemudian berantem sama geng mafia dari gang sebelah.


Astaghfirullah, bandar narkoba masa :(






Yang bener-bener dae to the bak adalah, pemeran utama dari video klip Monster di sini si ketua cabe EXO yaitu Byun Baekhyun. Untung aja nih teaser foto Monster-nya Baekhyun emang juara abis jadi ya termaafkan lah. Walaupun sepanjang nonton kaya yang “apa sih nih Baekhyun nggak cocok banget sok garang” tapi daripada Kai lagi Kai lagi kan. Karena pas di teaser videonya sih saya nebak Kai akan jadi “monster”nya lagi. Setiap member punya kesempatan untuk bersinar kan. Even Sehun yang modal tampang di EXO.



Suatu hari, Byun Baekhyun mendengar kabar bahwa gengnya akan diserang oleh geng mafia dari gang sebelah.

Baekhyun pun menjadi pusing mendengar kabar bahwa gengnya akan diserang musuh. Ia menjadi berpikir keras bagaimana caranya menyusun rencana agar mereka menang.


Setelah berpikir tiga hari dua malam, Baekhyun mendapat bisikan ular.


Setelah ular polkadot membisikkannya strategi perang, Baekhyun menyuruh geng cabenya untuk berkumpul.

"Jadi begini, kita kumpulkan dulu pasukan kita. Ajak seluruh teman-teman kalian untuk melawan mereka. Tugas kalian adalah menyerang mereka. Saya akan mencari cara untuk membawa kalian lolos dari mereka. Untuk D.O, kamu jaga CCTV, matikan CCTVnya. Jangan sampai saya ketahuan menyelamatkan kalian. Kita tidak boleh meninggalkan jejak!"


Dan delapan member EXO setuju dengan rencana Byun Baekhyun. Walaupun berat hati juga mereka melakukannya, mereka agak tidak rela mau-maunya diperintah si cabe Baekhyun.


Hingga ketika pasukan geng mafia datang, mereka sudah siap menyerang. Sesuai rencana, Chen membawa pasukan. Mungkin ini kekasih para EXO-L yang disuruh ikut membantu menyerang.


D.O menjalankan tugasnya untuk menjaga CCTV. BUAHAHAHA.

"MAJU SINI WOY!!"



Namun perang belum perakhir... Pasukan member cabe EXO tetap kalah jumlah dari pasukan revolusioner. (((revolusioner)))

Di tengah-tengah keributan ini...

Byun Baekhyun menjalankan rencananya karena melihat peluang anak buah cabenya menang sangat sedikit. Ia pun diam-diam meninggalkan lokasi pertempuran.

Sehun yang melihat bosnya melipir merasa lega, karena itu berarti rencana mereka akan berjalan lancar.






Dan para member cabe EXO pun dimasukkan ke dalam angkot dan entah mau dibawa ke mana. (ps: harus bgt sih nonton adegan kekalahan mereka sampai dimasukkin ke dalam angkot. Tragis tapi bikin pengen ngakak!)


Tapi tiba-tiba, supir angkotnya berhenti dan turun dari mobil.

Abang supir angkot pun membuka pintu....



Dan ternyata abang supir angkotnya adalah..... Byun Baekhyun. BUAHAHAHAHAK. Jadi ya gitu rencana mereka. OH YA UDAH KALO GITU MET YAW BERHASIL.


Mereka pun bebas dan hidup bahagia lagi selamanya.

Sungguh, perkelahian yang tidak ada faedahnya.


Walaupun jalan cerita video klip Monster ini mentah banget, tapi saya nggak bisa tahan untuk bilang i'm sooooo in love with this concept! Saya suka keseluruhan dari single Monster mulai dari lagunya, konsep karakter member EXO, video klip-nya, dance-nya, editan video-nya, dan Chanyeol-nya. Yha. Tetap #TeamChanyeol.


Banyak banget scene-scene di video klip Monster yang jadi favorit saya. Bahkan hampir semuanya deh, kayaknya.


Habis gimana dong, bagus banget.


Kecuali scene ada ular polkadot itu ya. Demi apapun saya adalah tipe orang yang takut sama ular bahkan hanya dengan liat gambarnya. Pas malem-malem sebelum tidur nonton ada ular di video klip EXO itu bikin saya pengen terbang ke Korea dan nyuruh Lee Soo Man nge-cut part itu. Apa nggak bisa gitu Baekhyun ceritanya dapet pencerahan dari harimau liar atau macan tutul aja. Hiks.


Dari segi suara, Kualitas suara member EXO di album EX'ACT ini membuat saya bersuudzon pada SM Entertaiment. Kira-kira berapa uang yang dikeluarkan SM Entertaiment untuk membeli alat perekam dan penjernih suara ya? Nggak wajar sih ini kualitas suaranya member EXO di lagu Lucky One dan Monster. Saya nggak percaya suara jernih itu bisa tercipta tanpa bantuan alat HAHAHAHA.


Di video klip Monster, saya suka bagaimana SM Entertaiment menyelipkan sentuhan-sentuhan dance-nya. Terasa pas dan membuat dance-dance itu jadi terlihat dramatis. Dan dance-nya emang sekeren itu. Jatuh cinta banget sama part dance Suho pas bagian nyanyi "SYI GAT MI GON CRAZYEEEEEHHH", part dance rap Chanyeol dan Sehun, part dance reff akhir waktu Kai sama Lay tos itu HAH GILAK, juga part dance di reff terakhir pas Xiumin nyanyi "NIMAMSOGE GAGINDECEEEE~~"

Dan terima kasih SM Entertaiment sudah mengunggah video klip Monster versi dance-nya karena saya jatuh cinta pada segalanya tentang Monster muihihi.




***
Waktu berubah.
Saya berubah.
Lingkungan saya berubah.
Dunia saya berubah.
Dan EXO juga berubah.




Chanyeol, 2014.



Chanyeol, 2016.

Di antara semua comeback-nya EXO, tentu album kali ini (harusnya) menyadarkan para fans-fans EXO kalau grup idolanya berubah.

Yap, saya nggak menjadi dewasa sendirian. EXO pun.


Udah nggak ada lagi Sehun yang masih umur 18 tahun dengan segala kepolosannya, karena sekarang ini dia sudah 23 tahun dan bergaul dengan Chanyeol lalu mulai ikut sesat. Udah nggak ada lagi badannya member-member EXO yang kurus-kurus dan sekali senggol jatuh. Udah nggak ada member EXO yang malu-malu nunjukin jidatnya ke dunia. Dan udah nggak ada member EXO yang terlihat bangga dengan super power-nya. Yap, mereka mungkin sudah merasa bahwa super power yang jadi kebanggaan mereka di awal debut itu sangat memalukan.Tentu aja ini membuat saya baper, karena dalam empat tahun terakhir ini saya nggak melihat perubahan berarti di fisik saya tapi kilas balik video-video EXO sampai empat tahun lalu itu menyadarkan saya bahwa EXO yang dulu itu culun tapi lebih hidup. Dan EXO yang dululah yang membuat saya jatuh cinta. Bukan member EXO yang sekarang rutin fitnes dan nunjukin badannya yang menggoda iman.


((( jatuh cinta katanya )))



Chanyeol, 2014.

Kai - Suho - Chen - Xiumin - Baekhyun, 2014.

Sehun - D.O - Lay, 2014.

SM Entertaiment pun mengubah konsep EXO pada akhirnya. Ini jelas akan terjadi, karena EXO dengan 12 member dan 9 orang member itu berbeda. Kalau dulu kita melihat sub unit EXO K dan M memiliki tiga orang vokal utama dan tiga orang rapper, keluarnya tiga orang dari EXO M jelas mengacaukan formasi mereka. Nggak ada lagi EXO K dan EXO M secara praktiknya. Mau nggak mau, EXO harus selalu tampil menjadi satu kesatuan.


Sometimes, i think if nine is the best formation.


Karena 12 orang itu terlalu banyak, pemain bola aja cuma 11 orang. Ya sampai sekarang saya juga nggak ngerti bagaimana kehidupan boyband Suju yang setahu saya dulu ada 13 orang dan dengan bodohnya Suho nanya "apa kalian hafal kami berduabelas?" dan langsung dijawab Suju "Ya itu hal yang paling gampang di dunia ini karena kita punya 13 member." BUAHAHAHAHA.


Melihat EXO waktu masih 12 member itu kaya cuma lihat main vocalist didampingin dayang-dayangnya. Ya sampai sekarang saya nggak ngerti sama konsep suatu sub unit EXO yang punya rapper tiga orang. Lee Soo Man ini cuma bikin Sehun kena bully karena jujur-jujuran aja deh, sampai sekarang kalau tanpa Sehun pun EXO akan baik-baik aja kan HAHAHA. Kita nggak boleh melupakan single Call Me Baby di mana Sehun cuma dapet part ngerap "whats up" dan "never don't mind about a think" atau lagu Don't Go di mana Sehun cuma ngomong "Listen!". YA KAN INI NGESELIN BANGET.


Tapi untuk comeback kali ini, saya bener-bener sedikit kaget sama formasi baru EXO. Akhirnya EXO merombak habis formasinya dan sekarang Kai mendadak jadi vokalis. Ya nggak mendadak juga sih, saya rasa memang SM Entertaiment sudah mempersiapkan Kai untuk jadi vokalis karena di lagu-lagu EXO sebelumnya Kai memang nyanyi walau sebait-sebait. Cuma nggak nyangka aja akhirnya suara Kai cukup matang untuk menjadi vokalis.

Hal ini membuat saya optimis. Kai yang dulu suaranya biasa aja dalam beberapa tahun bisa jadi bagus dengan didikan SM Entertaiment. Jadi mungkin saya juga bisa. HAHAHAHAHAHA.

Sehun pun akhirnya menjadi rapper yang nggak gaji buta. Lumayan kesel sih karena dengan bertambahnya bagian rap-nya Sehun, berkuranglah bagian rap untuk Chanyeol. Tapi SM Entertaiment ini benar-benar mendidik anak-anaknya, karena kemampuan rap Chanyeol dan Sehun juga meningkat drastis. Di comeback kali ini pembagian rap Chanyeol dan Sehun bukan masalah sedikit dan banyak, tapi berdasarkan tingkat kesulitan. Karena meski Sehun dapat banyak part rap, tingkat kesulitannya masih standar sedangkan Chanyeol terlihat semakin matang dengan rap-nya. Ini terbukti dengan part rap Chanyeol di lagu Monster yang berakhir dengan kata "Brrraaaaaahhh!!!" yang luar biasa. Nempel banget sih itu kata "Braaaah!" :)))


Apakah EXO dengan sembilan orang member adalah sesuatu yang sudah direncanakan SM Entertaiment saja, itu adalah rahasia Illahi. Yang jelas, dengan hanya sembilan orang member dan formasi baru, setiap member EXO punya kesempatan untuk bersinar. Nggak ada yang terlewat, nggak ada yang terkesan cuma jadi dayang-dayang aja. Ini bener-bener kelihatan dari setiap comeback stage-nya EXO karena setiap member terlihat lebih bahagia especially Xiumin HAHAHA. Sayangnya, Lay terlihat tidak sebahagia itu. Mungkin dia cape harus bolak-balik Cina-Korea, mungkin dia jet lag bahasa karena udah jarang di Korea, atau mungkin dia sadar kalau cuma dijadikan umpan oleh SM Entertaiment agar EXO bisa tetap eksis di Cina. Kenyataannya, kalau nggak ada comeback, kita mungkin lupa kalau Lay termasuk salah satu member EXO, seperti kita yang lupa siapa Wakil Presiden Indonesia.


YA KAN. NGAKU DEH. SIAPA WAKIL PRESIDEN INDONESIA SAAT INI?

PASTI MIKIR DULU DEH BARU JAWAB.

Meskipun banyak sekali terjadi perubahan, pasti ada satu atau dua hal yang nggak berubah. Begitupun di EXO.

Yha.

Kemampuan dance Chanyeol tidak berubah, jamaah~~~


HAHAHAHAHAHAHA.

You Might Also Like

1 komentar

Berikan komentarmu untuk tulisan ini, yuk!

Subscribe