[ REVIEW ] EXO: Lucky One

5:41 AM

 

Orang kalau lagi cape atau udah ngantuk banget itu biasanya jadi bodoh dan linglung. Ya kaya saya gitu waktu malem-malem udah nempel kasur dan  berusaha tidur cepet biar pas bangun sahur bisa total nonton video comeback-nya EXO yang bakal release jam 12 malem. Tapi tiba-tiba notifikasi V Live dan Line di handpone bunyi. SM Entertaiment tell the world that EXO's religi album akhirnya release!!

*kembang api bermunculan*

Padahal nggak. Saya nggak seheboh itu tapi malah mikir.

“Buset baru jam 10 kok SM Entertaiment udah upload video klip Lucky One sih?!?”

Bodoh.

Korea kan emang lebih cepet dua jam dari Indonesia.

Nggak perlu pakai acara deg-degan dan lompat-lompat girang pas video Lucky One release, dengan kalem saya buka aplikasi V Live.

Bodoh lagi.

Harusnya fans nonton di youtube lah buat nambahin viewers. Tapi udah terlanjur, lagian nonton di V Live itu feel-nya beda, kaya ekslusif gitu.

Seolah-olah SM Entertaiment merilis video klip EXO hanya untuk saya seorang.

Masa bodoh dengan keloyalan.

#PenggemarDurhaka

Sebelum videonya release, teaser video Lucky One udah keluar dan perkiraan saya meleset jauh. Kirain video klipnya bakalan warna-warni lucu, apalagi judul Lucky One kesannya remaja banget. Ternyata pas nonton teaser-nya, videonya terasa penuh misteri. Syutingnya seperti di rumah sakit dan banyak cewe-cewe pake dress putih ala-ala suster sexy. Di teaser-nya, D.O yang nggak punya ekspresi dibawa suster-suster sexy. Sedangkan Chanyeol, Baekhyun, dan Sehun terlihat lari-lari di koridor yang makin kelihatan seperti koridor rumah sakit di film-film horror.

Ini cerita horror apa gimana sih?





Baca dulu review teaser foto abal-abalnya di sini.

Satu-satunya yang menarik perhatian di teaser video Lucky One adalah adanya penampakan makhluk perempuan. Ini tuh gila banget, kapan lagi video klip EXO ada cewenya kecuali video klip Miracles in December yang sekalinya ada cewenya keliatan kakinya doang.

Tapi kalau saya diajak syuting cuma keliatan helaian jilbab doang juga rela sih........

Musik di teaser videonya juga nggak menggambarkan apa-apa karena nggak ada satu lirik pun yang keluar. Benar-benar misteri. Dan waktu pertama denger lagu Lucky One saya langsung mengerutkan dahi.

"Lagu apaan nih?!?"

IMO Lucky One sama sekali nggak easy listening. But i know this one will be my favorite. Justru lagu yang bagus adalah lagu yang pas pertama kali didengerin bikin kita mengumpat, "ini lagu apaan jelek banget". Sebut saja lagu MAMA atau Wolf yang pas pertama kali denger saya nggak suka. Perlu waktu lama buat menyadari lagu MAMA dan Wolf sebagus dan senagih itu. Nggak bosen-bosen didengerin.

Ya tapi lagunya EXO bagus semua.
Gimana dong ya namanya juga nge-fans.

Pertama-tama mari bersyukur karena akhirnya SM Entertaiment nggak membuatkan EXO video klip yang konsepnya itu lagi itu lagi. Terharu rasanya karena sejak single Love Me Right belum liat video klip cowo-cowo pake bedak tebal dan eyeliner joget lempar-lempar kamera ke sana sini ke hati saya. Walaupun nih ya walaupun, SM Entertaiment kalau bikin video klip yang nggak joget-joget itu jalan ceritanya suka-suka SM aja.

Kesel.

Karena sampai sekarang saya nggak paham jalan cerita video klip Love Me Right.

Tapi untuk video klip Lucky One kali ini saya bisa berimajinasi dengan jalan ceritanya walaupun terserah juga SM maksudnya kaya gimana.

Kita penonton bebas aja dong ya.

Kenapa D.O dibawa suster-suster ini? Kenapa harus D.O?
Oh ternyata semua diculik dan disuntik..... vaksin? Biar apa? Biar daya tahan tubuhnya kebal kalau di-bully fans?
Atau mungkin mereka mau diawetkan. Biar gantengnya abadi.
COWO GANTENG.
COWO GANTENG. (2)
COWO GANTENG. (3).
"Aha! Gue kan punya superpower! Ayo kita kabur geng, gue akan menyelamatkan elo-elo semua dengan kekuatan hentak bumi" - D.O
PECAHKAN SAJA KACANYA! YANG PENTING POSE TETEP GANTENG.
SESUNGGUHNYA KABUR TIDAK MENYELESAIKAN MASALAH......
CIEEE KABUR BARENGAN CIEEE. CHANYEOL FOR BAEKHYUN #CHANBAEKFOREVER
CIEEE MASUK KAMAR CIEEEE. #CHANYEOLFORBAEKHYUN #CHANBAEKFOREVER
SEMENTARA ITU.... YA ALLAH MUKANYA CHEN.
"DEK SEHUN, JANGAN TATAP SAYA.."
"TATAP MATA SAYA, TATAP MATA SAYA.."
*MELELEH BERCECERAN DI LANTAI*
"MATI KAMU! KUBERI JURUS PETIR KALBU!" - CHEN
Mengingatkan saja, Baekhyun punya kekuatan cahaya loh. Kenapa malah bikin api unggun.
YA KENAPA MALAH NYANYI.
YA KENAPA MALAH NGE-RAP.
YA KENAPA BARU KABUR.
YA KENAPA LO MALAH JOGET KIM JONGIN NGERTI DEH SITU DANCE-NYA KEREN TAPI SITU KAN PUNYA KEKUATAN TELEPORTASI SEKALI KEDIP ILANG KENAPA MALAH JOGET KENAPAAAA.
CIEE ABIS DARI KAMAR BARENG.
LAH KEPALA SUSTERYA MELETUS ABIS DINYANYIIN BAEKHYUN SAMA CHANYEOL.
SEMENTARA ITU.. KIM JONGIN MASIH JOGET.
LARI SENDIRIAN AJA NIH BANG?
Sementara Kim Jongin joget, Lay pakai jurus tatapan maut.
NIH ABANG YIXING KASIH BUNGA...
TERNYATA SEMUA COWO SAMA AJA! BANYAK NGERAYU TAPI MENGHANCURKAN!
SEMENTARA ITU.. KIM JONGIN MASIH JOGET.
"SUHO, APA YANG AKAN KAMU LAKUKAN UNTUK MENYELAMATKAN KAMI?" - Xiumin bertanya pada sang leader, nafasnya terengah-engah.
"Tenang... tolong dibantu ya... satu, dua, tiga." - Jawab Suho santai.
"HAUS KAN COY LARI-LARI, MENDING MINUM DULU! SATUKAN KEKUATAN KITA. AKU SUMBANG AIR KAMU SUMBANG ES BATU YA.." KATA SUHO.
"SIALAN... GUE CAPE-CAPE NYELAMATIN MEREKA, MEREKA MALAH SANTAI-SANTAI MINUM AIR ES.."
Mereka tersesat dan tak tahu arah jalan pulang.
WHAT..
THE...
WHAT...
THE...


MAZE??? AGAIN???
BYE SM BYE!


***

Nonton video klip EXO itu nggak sah kalau cuma satu dua kali. Minimal-minimalnya harus banget nonton sesuai jumlah membernya buat ngamatin satu per satu. Ya cuma orang-orang pengangguran aja atau yang cinta banget sama EXO pokoknya yang bakal ngelakuin hal ini. 

Saya nggak pernah membiarkan diri ini berpikir atau berimajinasi setiap pertama kali menonton video klip EXO. Hal pertama yang saya lakukan ya menikmatinya, mengamati apa yang saya lihat tanpa mikir ini itu. Makanya waktu pertama kali nonton video Lucky One saya malah ketawa-ketawa sejak lihat scene D.O joget di kasur yang terlihat seperti orang kejang-kejang. Dan entah kenapa semua yang ada di video klip Lucky One ini emang terasa absurd waktu saya nonton pertama kalinya. Mulai dari kepala susternya meletus, Kai joget-joget pas ketangkap basah susternya, sampai Suho sama Xiumin yang minum air es entah kenapa harus minum banget HAHAHAHA why so funny.

Namun memang tawa dan amarah selalu datang silih berganti karena tiba-tiba aja ending video klip Lucky One....

Tiba-tiba aja....

OH JADI MEREKA INI LARI-LARI CARI JALAN KELUAR NGGAK KETEMU-KETEMU KARENA MEREKA INI DI DALAM MAZE???

MAZE AGAIN?!?

AH ELAH.

Ini tahun 2016 dan SM Entertaiment masih pakai konsep kejebak di maze. Konsep ini udah pernah dipakai di video klip Overdose.

Dan saat itu EXO masih 12 orang.

EA. BAPER EA.

***

Melihat video klip Lucky One bikin saya terharu-haru tahi ayam, karena akhirnya penonton bisa lihat konsep awal EXO yang membernya datang dari planet EXO dengan super power masing-masing. 

Setelah bertanya-tanya sebenernya EXO ini mau di bawa ke mana, akhirnya Ya Allah SM Entertaiment inget kalau EXO ini konsepnya alien turun ke bumi.

Ya selama ini kan EXO krisis identitas, mulai dari video klip MAMA yang menceritakan sejarah turunnya member EXO ke bumi dengan kekuatannya bersama lagunya yang seperti lagu pemujaan setan tapi nempel banget di kuping, lalu member EXO menjelma menjadi manusia serigala jadi-jadian di video klip Wolf yang karena setetes air mata perempuan lalu menjadi manusia seutuhnya dan menjadi anak sekolahan kece di video klip Growl.

Nggak berapa lama, konsep anak-anak sekolahan berganti menjadi konsep mas-mas galau di video klip Miracle in December. Mungkin saat itu konsep member EXO udah mulai masuk kuliah, mengerti cinta dan pacaran sama Taeyeon. Namanya juga udah jadi anak kuliahan, para member EXO merasa udah dewasa, udah boleh masuk bar dan jadi anak dugem di video Overdose dan mereka terjebak dalam sebuah labirin.

Labirin kesesatan yang menjadi awal mula kehancuran.

Setelah terjebak dalam lingkaran setan, para member EXO akhirnya berhasil keluar dari maze dan terlempar di berbagai negara. Kabar buruknya, hanya sepuluh orang yang berhasil menemukan jalan ke Korea, sisanya pergi ke antah berantah dan jadi pemain film.


Tonton #PathcodeEXO di sini.

Setelah kehilangan dua member, yang tersisa di EXO mulai bertaubat menjadi anak dugem. Mereka memutuskan menjadi pemuda baik-baik yang menghabiskan masa muda dengan menjadi mas-mas berbedak tebal bersenang-senang dan berkarya. Member EXO kembali menjadi anak-anak kuliahan yang ceria dan aktif mengikuti UKM olahraga kampus di video klip Love Me Right dengan dandanan yang lebih natural tanpa bedak dan eyeliner berlebih karena Bapaknya Tao jauh-jauh dateng dari Cina ke Korea dan marah-marah akan pergaulan anaknya dengan member-member EXO yang cabe. Akhirnya Tao disuruh pulang dan nggak boleh lagi main sama member EXO.

MUAHAHAHAHAHAHA.

Alhamdulillah, setelah melalui berbagai krisis identitas, member EXO melakukan perenungan di video klip Sing for You dan akhirnya mereka kembali ke jalan yang benar, bahwa sejatinya mereka adalah alien yang memiliki super power.


Baca lagi review abal-abal video klip Sing for You di sini.

Video Klip Lucky One akhirnya menunjukkan kembali sejatinya para cabe-cabean EXO ini.

Alkisah, diculiklah para member EXO oleh sekelompok suster sexy yang menyuntik para member agar kehilangan kekuatannya. Ketika akhirnya kekuatan mereka akan dimusnahkan, mereka baru teringat akan kekuatan mereka yang selama ini terbengkalai dan berusaha kabur untuk melindungi kekuatan tersebut.

Beruntung ada D.O, yang memiliki kekuatan hentak bumi untuk memecahkan kaca-kaca agar mereka bisa lari dari ruangan penculikan. Mereka pun kabur.

Sehun berlari bersama Chen.

Kai berlari bersama Lay.

Suho dan Xiumin melakukan persekutuan.

D.O yang menyelematkan teman-temannya, justru tidak punya pasangan berlari karena meski Chanyeol sayang sama D.O, dia tetep cuma miliknya Baekhyun. #EA #CHANBAEKFOREVERINLOVE

Sayangnya, tidak semua kekuatan member EXO bisa dipakai untuk mengalahkan musuh cantik mereka. Sehun mungkin bisa ngeluarin jurus angin buat nerbangin susternya sampai planet merkurius, Chen bisa bunuh susternya dengan kekuatan petir menyambar, Suho bisa memproduksi air untuk nenggelamin susternya sampai tak bisa mumbul lagi, Xiumin bisa membekukan susternya menjadi es dan memecahnya untuk bikin pop ice, D.O bisa menghentakkan kakinya dan susternya bisa ketelan bumi lalu Chanyeol bisa membakar habis susternya.

Tapi kan, Baekhyun cuma punya kekuatan cahaya yang justru bikin susternya makin bersinar sedangkan kekuatan Lay kan menyembuhkan. Lalu Kai... meski nggak punya kekuatan untuk melawan susternya setidaknya bisa kabur pake kekuatan teleportasinya ke rumah Krystal terus renang-renang cantik berdua.

EAAA #KAISTALINLOVE

Sehun benar berlari bersama Chen karena bisa memanfaatkan jurus petir Chen untuk kabur dari kejaran suster. Walaupun di video klip kekuatan Chen nggak berguna karena susternya tewas karena ditatap Sehun. YA IYA SIH SIAPA JUGA YANG NGGAK TEWAS KALAU DITATAP SEHUN KAN.

Tapi Kai dan Lay yang lari bersama itu.. nggak punya harapan sama sekali. Kai tentu bisa kabur sendirian ninggalin Lay yang nggak bisa menyakiti susternya. Tapi kan slogan mereka "We Are One", sehingga Kai akhirnya memilih joget-joget karena tidak tega meninggalkan Lay yang tak berdaya. Walaupun dengan anehnya Lay memakai trik bom peledak yang diletakkan di bunga dan meletuslah kepala susternya.

Yha. Lelaki memang suka manis di awal namun menyakiti di akhir.

#EA #CURHATDULU

Sedangkan Kai, dia masih saja joget....


Lay dan Xiumin yang bertemu di suatu titik berniat menggabungkan kekuatan mereka. Tapi setelah berdiskusi, mereka jadi bingung bagaimana kekuatan air dan es disatukan. Kalau Suho ngeluarin air, nanti malah membeku pas Xiumin ngeluarin jurus. Tapi kalau Xiumin ngeluarin es duluan, nanti mencair kena banjir air yang diciptakan Suho. Mereka bingung tapi akhirnya tetap sepakat untuk menggabungkan kekuatan mereka menjadi.....

AIR ES BUAT DIMINUM

DAE TO THE BAK!!!! DAEBAK!!! BEGITU CERDASNYA!!!

Jelas, mereka lelah habis lari-lari mencari jalan keluar dan mereka perlu tenaga untuk kembali berlari. GENKS, MINUM ITU SANGAT PENTING. KITA BISA HIDUP TANPA MAKAN TAPI KITA MATI KALAU NGGAK MINUM!!!

#ANTIKLIMAKS #EMOSI
"KURANG AJAR MEREKA MALAH MINUM, PADAHAL GUE UDAH CAPE-CAPE MENYELAMATKAN MEREKA."

Adegan lari-lari itu nggak berhenti sampai akhir video. Member EXO tidak menemukan jalan keluar. Tentu saja, karena ternyata mereka terjebak di dalam labirin, jamaah...

Errrrr.....

Wassalamualaikum.

***


Draft postingan ini udah saya simpan lama, dan sedikit kaget juga waktu akhirnya pada suatu wawancara Baekhyun menceritakan kisah di balik video klip lagu Lucky One dan Monster karena imajinasi saya nggak jauh beda sama apa yang ingin SM sampaikan. Beneran darah EXO udah mengalir nih di tubuh ini bahaya.

"Di video klip Lucky One, musuh dari planet lain datang menculik kita dan membawa kita ke planetnya. Kita tiba-tiba memperoleh kekuatan kita lagi karena udah lama nggak memakainya."

"Perawat yang pakai helm berkaca depan bukan orang yang lagi olahraga di sungai Han. Mereka sebenarnya makhluk jahat."

Tunggu... YA SIAPA JUGA YANG NGIRA SUSTER ITU ORANG YANG LAGI OLAHRAGA DI SUNGAI HAN.

"Kita dijadikan bahan percobaan, sehingga kita memakai kekuatan kita lagi untuk kabur. Ada beberapa adegan yang menunjukkan kita memakai kekuatan masing-masing lagi."

"Tapi untuk Kai, daripada menggunakan kekuatan teleportasi, dia malah joget."

BUAHAHAHAK LAH ITU ELO JUGA MIKIR GITU.

"YA GUE JUGA NGGAK NGERTI KENAPA." - Kai menyela dengan nada tinggi sedangkan Chanyeol udah ketawa guling-guling.

"Jadi video Lucky One menunjukkan kekuatan kita yang bangkit lagi dan scene kita berhasil lolos nggak ditunjukkan karena kita terjebak di labirin lagi. Ketika penonton menonton ending-nya, mungkin mereka akan frustasi, tapi ya namanya juga sebuah cerita di video klip..."


Walaupun emang kesal sama konsep "labirin", tapi video klip Lucky One nggak bisa dibilang mengecewakan:

1.) Kita nggak nonton video klip yang isinya orang joget-joget lagi.
2.) Kita bisa kembali melihat super power-nya cabe-cabean EXO.
3.) Video klip ini lebih hidup karena ada cerita yang terkandung di dalamnya.

Jadi, apa hubungannya makna lagu Lucky One dengan video klipnya?
  
Nggak ada.

Lalu, siapa yang menjadi "Lucky One" di video klip ini?

Ini jelas, yang menjadi Lucky One di video klip ini adalah Kris, Luhan, dan Tao. Karena mereka tidak masuk labirin dan tersesat lagi seperti di video klip Overdose.

BUAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAK.

You Might Also Like

1 komentar

  1. ngakak sumpah receh banget 🤣🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus

Berikan komentarmu untuk tulisan ini, yuk!

Subscribe